LAPISI DENGAN KULIT KEDUA

Rumah - - LAPORAN UTAMA -

osisi rumah atau ruang yang berada di sisi barat biasanya memiliki suhu lebih tinggi dibandingkan ruang/rumah di sisi timut, selatan, atau utara. Hal tersebut disebabkan karena saat pagi hari, cahaya matahari akan lebih banyak menyinari rumah sisi timur. Namun, setelah memasuki pukul 11.00 WIB, matahari sudah bergerak menuju sisi barat. Pada saat itu cahaya yang dipancarkannya sudah mulai terasa panas. Untuk Anda yang memiliki rumah menghadap ke sisi barat, tidak perlu khawatir.

Tri Harso Karyono, Head of Architecture Study Programme Universitas Tanri Abeng, menuturkan ada beberapa solusi yang dapat Anda lakukan untuk menyiasati atau menurunkan suhu panas pada rumah yang menghadap ke sisi barat. Solusi tersebut bisa dilakukan tanpa perlu mengubah konstruksi rumah Anda. Kalau pun ada perombakan hanya berupa penambahan material saja.

Secondary skin mengusung konsep layaknya pakaian pada manusia. Kulit pertama bangunan dianalogikan sebagai fasad, sementara kulit kedua diibaratkan sebagai pakaiannya. Pakaian akan melindungi manusia dari bahaya kuman, sengatan matahari, dan hujan. Demikian halnya dengan , pakaian pada bangunan.

Material untuk membuat kulit kedua bangunan beragam dan tanpa batas. Anda bisa bereksplorasi dengan material yang ada dengan penambahan pola-pola menarik. Material yang paling banyak digunakan adalah roster, kayu solid, kayu olahan, besi hollow, laser cutting, kaca, dan bambu. Lewat permainan bentuk, pola, dan efek cahaya, secondary skin dapat membuat fasad tampil elok dan trendi.

Bila Anda ingin suasana lebih hijau, Anda bisa membalut kulit kedua bangunan dengan tanaman. Tanaman yang bisa digunakan adalah jenis tanaman rambat, seperti lee kwan yew atau tanaman yang tahan terhadap paparan sinar matahari langsung.

Saat Anda ingin mengaplikasikan secondary skindengan material-material keras: aluminium, kayu, besi, bambu, dan sebagainya. Beri jarak antara material secondary skin dengan daun jendela sekitar 40cm—90cm. Selain sebagai ruang gerak udara, jarak ini juga diperlukan agar saat membuka-tutup jendela, daun jendela tidak berbenturan dengan rangka secondary skin.

YANNIS rudolf PRATASIK LOT OF FLOWERS (LOF), CIPETE, JAKARTA SELATAN

foto lokasi

JOU ENDHY PESUARISSA KEDIAMAN SUTRISNO BUDI HARIO DAN NIRWANA, JAKARTA GARDEN CITY, JAKARTA TIMUR desain interior NIRWANA (B’ONE DESIGN)

foto lokasi

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.