Aman Gunakan Water Heater

Teknologi water heater sekarang ini tak hanya membuat Anda menikmati air hangat saat mandi secara ekspres, tetapi peranti ini juga semakin dilengkapi teknologi yang aman.

Rumah - - PERANTI -

TEKS GRACE ELDORA graceldora@gmail.com

Mandi dengan air panas kini semakin lumrah, meskipun Anda tinggal di daerah tropis yang tergolong panas. Alasannya, mandi dengan air panas mampu membuat badan rileks. Apalagi dilakukan sehabis beraktivitas padat seharian penuh. Tak hanya itu, bagi Anda masyarakat urban yang selalu memulai aktivitas di pagi hari dan pulang di malam hari membuat jadwal aktivitas membersihkan diri jadi tak normal. FOTO

Sebagian orang mungkin merasa tak nyaman mandi di pagi hari karena terasa dingin. Sementara mandi di malam hari pun tak lebih baik. Sebut saja sejumlah stigma negatif tentang efek negatif dari mandi di malam hari, banyak sekali daftarnya! Apalagi tak mandi, bukan menjadi solusinya. Sudah pasti tidak nyaman beraktivitas karena keringat dan debu yang menumpuk di badan. Begitu juga tidur tanpa membersihkan diri akan cenderung membuat tubuh kurang rileks dalam beristirahat di malam hari. Nyaman ataupun tidak, sebagian besar orang tetap menggunakan air dingin untuk mandi. Sebagian orang lagi lebih merasa nyaman membersihkan diri dengan air hangat. Nah, bagi Anda pengguna air hangat, ada setidaknya dua metode memanaskan air, yaitu ada yang memanaskannya dengan menggunakan kompor dan ada yang menggunakan water heater.

Pilih Praktis atau konvensional?

Memanaskan air dengan menggunakan kompor (cara konvensional) dan water heater, tentunya berbeda. Memasak air dengan menggunakan kompor membutuhkan waktu yang lama. Anda harus memasukkan air ke dalam panci, lalu memasaknya di atas kompor. Waktu yang dibutuhkan untuk memasak air sekitar 5 liter, bisa mencapai 30 menit. Sementara, jika Anda menggunakan water heater jauh lebih praktis. Setelah menekan tombol on, dalam waktu ±1 menit, air hangat pun akan langsung mengalir dan Anda bisa langsung menggunakannya.

Selain membutuhkan banyak waktu, menurut data WHO dan UNICEF, mengatakan bahwa memasak air dengan menggunakan kompor biayanya relatif lebih besar. Data WHO dan UNICEF untuk Indonesia pada April 2013 menunjukkan bahwa biaya yang dihabiskan untuk memanaskan air pada satu rumah tangga per bulan mencapai 11dolar AS atau hampir setara dengan Rp150.000. Sementara, jika Anda menggunakan water heater, biayanya berkurang sekitar Rp20.000 untuk kapasitas tabung 15 liter.

Minimalkan Bahaya

Menggunakan air panas dari water heater juga dipercaya lebih aman dari berbagai risiko penggunanya. Terutama, karena water heater memiliki teknologi pengaturan panas sehingga suhu air yang dikeluarkan akan pas. Sementara, air yang dididihkan dengan menggunakan kompor tak ada takaran pastinya. Sebelum digunakan, Anda memiliki risiko kecelakaan akibat terguyur air panas saat memindahkannya dari dapur ke kamar mandi. Begitu juga saat akan menggunakan air panas. Suhu air yang terlalu dingin akan membuat pekerjaan memanaskan air menjadi sia-sia. Sebaliknya, jika terlalu panas akan membuat kulit melepuh.

Bahaya ini tak hanya berpotensi melukai Anda yang akan menggunakannya. Banyak kasus yang dipaparkan di berbagai media massa, balita terguyur air panas karena mereka tak sengaja bermain di dapur sementara orang tua lalai mengingatkan. Atau, orang tua jatuh terpeleset saat membawa air panas. Jika sudah begini, menggunakan water heater akan menjadi solusi yang praktis dan aman.

Jangan asal Pilih

Walau water heater adalah solusi baik bagi Anda, tetapi jangan asal pilih. Ada banyak water heater yang dijual di pasaran. Saat memilih water heater, Anda perlu mengedepankan 3K, yaitu keamanan penggunaan, kenyamanan pengguna, dan ketahanan produk.

Air ledeng di rumah Anda pasti mengandung senyawa kimia. Karena itu, sebaiknya Anda memilih water heater dengan material anti karat. Hal ini sangat penting, karena bila sempat terjadi korosi/ karat para water heater akan dapat menyebabkan kebocoran listrik di rumah Anda. Material anti karat pun menghindari terjadinya lapisan yang menghalangi pemanasan air dalam tangki.

VICTOR ADIANGGARA ariston water heater tipe slim 30 Dl yang berkapasitas tangki 30l dengan daya listrik 350Watt. Produk hemat energi ini berukuran kecil dengan desain horizontal yang modern.

Desain antris r berkapasitas 1l dilengkapi dengan perangkat keamanan dari kebocoran arus listrik.

Pasanglah pipa air masuk dan air keluar dengan benar. Jika tidak, water heater tidak akan berfungsi karena adanya katup satu arah sebagai salah satu bentuk pengamanan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.