WASPADAI BAHAN PEMBERSIH BERBAHAYA DI RUMAH

Berbagai jenis bahan pembersih sering menjadi andalan banyak orang dalam membersihkan rumah. Tapi tahukah Anda, tanpa disadari, ada bahan-bahan kimia yang berpotensi merusak kesehatan?

Rumah - - RUMAH SEHAT - TEKS GRACE ELDORA graceldora@gmail.com ILUSTRASI ILHAM YASSIR

Jika Anda adalah satu dari sekian banyak orang yang merupakan pengguna setia dari bahan kimia pembersih, kali ini RUMAH akan membahas seluk-beluk bahan kimia berbahaya yang sering Anda pakai. Salah satu bahan kimia berbahaya yang ada di dalam pembersih rumah adalah VOC (Volatile Organic Compounds).

Kenapa VOC berbahaya? Ada banyak alasan kenapa VOC berbahaya. Salah satunya dikarenakan VOC mengandung berbagai jenis bahan beracun, seperti benzena dan formalin, yang biasanya digunakan sebagai bahan pelarut cat, pewangi, bahan pelapis ( coating), lem, insektisida (pembasmi serangga), dan bahan kimia pembersih. Bahan ini dapat bereaksi dengan anggota tubuh.

DAPAT BEREAKSI DENGAN TUBUH

Lalu bagaimana cara VOC beraksi dengan tubuh? VOC adalah bahan yang mudah menguap pada tekanan dan temperatur tertentu. Pada proses ini, VOC dapat menempel ke bagian tubuh Anda, seperti menempel di kulit dan mata, atau terhirup melalui saluran pernafasan di hidung dan mulut.

Jika Anda menyerap bahanbahan ini dalam jumlah banyak dapat menyebabkan alergi, ditandai dengan iritasi pada mata, hidung, dan tenggorokan. Selain itu menyebabkan sakit kepala atau pusing, kehilangan koordinasi, mual, atau kelainan detak jantung. Kasus terparah, bila Anda sering terpapar VOC dalam jumlah banyak bisa menyebabkan kerusakan hati, ginjal, dan sistem saraf pusat (SSP).

TRIK KURANGI EFEKNYA

Menurut Ketua Departemen Farmakologi dan Terapeutik Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Dr. Narfrialdi, SPPD, PHD, bahan-bahan kimia dalam jumlah minimal memang masih aman digunakan. Bahan HCL (asam klorida) yang terdapat pada pembersih kimia, misalnya, akan berkurang kepekatannya jika dicampur dengan air. Bila Anda perlu menggunakan karbol,

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.