KONSEP RUMAH PINTAR MAKIN NYAMAN DENGAN BERBAGAI KECANGGIHAN

Penghuni rumah makin dimanjakan dengan segala kecanggihan yang ada di rumah pintar.

Rumah - - PROPERTI - TEKS EMILIA NURIANA emilianuriana@gmail.com TEKNOLOGI PINTAR KOTA PINTAR

Setelah tren peralatan elektronik pintar mulai dari TV, AC, kulkas hingga lampu pintar, kini hadir rumah pintar atau yang disebut Smart Home. Sesuai namanya, rumah pintar dilengkapi dengan berbagai teknologi yang akan memudahkan penghuni mengendalikan segala fitur di rumah ini, mulai dari sistem keamanan, kebakaran, hingga perangkat hiburan.

Saat ini ada dua pengembang yang sedang mengembangkan perumahan berkonsep rumah pintar yakni PT Paramount Land yang mengembangkan Home Automation di Klaster Menteng Village, Gading Serpong dan Botanica Valley Serpong dari PT Surya Agung Realti. Meski sama-sama mengusung konsep rumah pintar, kedua Konsep Home Automation pada klaster Menteng Village, Paramount Land yang dipasarkan dengan harga mulai dari Rp3 miliar/unit. pengembang tadi menawarkan jenis rumah pintar yang berbeda. Home Automation dari Paramount Land misalnya, rumah pintar ini dilengkapi perangkat elektronik berupa sensor keamanan dari bahaya pencurian, sensor pengamanan dari bahaya kebakaran, pengatur lampu, hingga sistem pertolongan darurat berupa panic button. Semua fitur tersebut bisa dikendalikan dari jarak jauh karena terhubung dengan smartphone milik penghuni.

Aryo Tri Ananto, Direktur Paramount Land mengatakan sensor pada Home Automation bisa mendeteksi pergerakan di dalam ruangan sehingga bisa memantau bila ada penjahat yang masuk ke dalam rumah. “Dengan sensor ini penghuni bisa memantau keamanan rumah saat malam hari maupun ketika ditinggal berpergian,” kata Aryo. Ia menambahkan, pada dapur juga terdapat sensor yang bisa mendeteksi kebocoran gas dan sebagainya. Bila terjadi keadaan bahaya, penghuni bisa menekan tombol panik atau panic button yang akan terhubung dengan petugas keamanan setempat.

Lain lagi dengan Botanica Valley Serpong, rumah pintar ini menawarkan sistem kemananan terintegrasi antara kamera CCTV dan aplikasi yang diakses lewat telepon pintar. Rumah pintar ini menyediakan fitur hiburan berupa perangkat video dan audio. Perangkat audio ini juga bisa berfungsi sebagai pengeras suara untuk membantu penghuni rumah untuk memanggil orang di lantai dua tanpa harus menaiki tangga.

Willy Kurniawan, Business Unit Manager PT Surya Agung Realti mengatakan saat ini rumah pintar Botanica Valley masih dalam tahap pembangunan dan sudah terjual 90%. “Rencananya akan serah terima pada bulan Desember 2016 mendatang,” ucap Willy. Soal harga, Willy mengatakan rumah pintar Botanica Valley dijual dengan kisaran harga Rp500 juta – Rp1 miliar/unit.

Perkembangan properti pintar kini juga mengarah pada pembangunan kota pintar atau smart city. Sejak tahun 2012 lalu, pemerintah DKI Jakarta sudah mulai mengembangkan konsep smart city salah satunya lewat aplikasi pengaduan masyarakat, bernama Qlue. Pengembangan konsep kota pintar ini juga dikembangkan di wilayah Tangerang Selatan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.