SEBELUM MEMILIH ENGSEL, PERHATIKAN HAL INI!

Engsel yang tidak tepat dapat menyebabkan pintu “turun”, jendela susah dibuka, dan berbagai masalah lainnya.

Rumah - - MATERIAL - TEKS TIYA SEPTIAWATI tiyaseptiawati@gmail.com FOTO ADITIA RIANDA

Untuk memasang pintu, jendela, atau perabot lainnya pada kusen, dibutuhkan engsel sebagai pengaitnya agar benda tersebut bisa membuka-menutup dengan mudah. Di supermarket bangunan, terdapat beragam jenis engsel yang berbeda-beda. Agar engsel berfungsi dengan baik, Anda pun perlu memilihnya dengan tepat.

Bila penggunaannya tidak tepat, fungsi dari engsel tersebut tidaklah optimal. Lebih parahnya lagi, engsel bisa rusak. Engsel yang Anda pasang haruslah sesuai dengan beban yang akan ditanggung oleh engsel itu sendiri. Produk Manager PT Kenari Djaja Prima Panji Kurniawan memberikan tip memilih engsel pintu berikut ini.

Sebelum membeli engsel pintu, perhatikan berat pintu, lebar dan tinggi pintu, serta arah bukaan pintu. Kekuatan engsel pintu juga harus mendapat perhatian khusus karena jika tidak sesuai dengan beban pintu, akan mengakibatkan engsel cepat rusak.

Material pembuatnya juga harus menjadi perhatian utama dalam memilih engsel pintu. Untuk material tersedia dalam 3 pilihan, yaitu kuningan, stainless steel, dan baja. Panji menjelaskan bahwa engsel bahan stainless steel yang paling banyak dicari. Alasannya tahan karat. Yang perlu diperhatikan, pilih penghubung antar-lempengan pelatnya yang menggunakan bearing besi dan spare- nya paling rapat. Menurut Panji, engsel yang berkualitas biasanya terbuat dari material kuningan atau stainless steel.

Selain bahan, ukuran pun harus disesuaikan dalam memilih engsel pintu. Pintu utama dengan tinggi standar 220cm dan lebar 80—90cm, sebaiknya menggunakan engsel pintu ukuran 4 dan 5 inci. Ukuran standar engsel yang beredar di pasaran untuk pintu biasanya ukuran 4 dan 5 inci. Ukuran 5 inci direkomendasikan karena mampu menahan beban lebih berat.

Untuk pintu dengan tinggi standar 210cm, pemasangan dengan dua buah engsel pintu sudah cukup. Jika tinggi pintu di atas 220cm, hal ini bisa disiasati dengan memasang 3 buah engsel, 2 engsel di bagian atas dibuat dengan jarak lebih rapat.

Dengan memilih engsel pintu yang tepat, engsel dan pintu rumah yang kuat dan awet pun dapat Anda miliki.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.