DESAIN PARTISI Ruang Tamu Dan Ruang Keluarga

Rumah - - KONSULTASI -

Assalamualaikum Wr. Wb. Dear Pak Irfan, saya dan suami saya adalah pembaca RUMAH.

Kami sedang memikirkan desain interior untuk rumah baru kami yang berukuran 90/96. Rumah kami bertingkat, terdiri dari 2 lantai. Ini dia penjelasan ruang yang ada di rumah kami. Lantai 1 1. Ruang multifungsi 2. Ruang tidur 3. kamar mandi 4. Mini dapur yang menyatu dengan ruang

makan Lantai 2 5. Ruang tidur utama 6. Kamar mandi utama 7. Ruang tidur anak 8. Kamar mandi 9. Ruang kerja 10. Ruang Pembantu 11. Ruang Cuci Jemur

TNah, dari semua ruang yang ada, kami bingung dengan ruang multifungsi ini. Ruang ini sebenarnya disediakan untuk ruang tamu dan ruang keluarga. Ukuran ruangnya adalah 3m x 6,5m. Memang cukup terbatas.

Kami ingin tukar pikiran terlebih dahulu. Enaknya bagaimana ya pak: apakah kami harus menyekat kedua ruang ini atau tidak? Kami khawatir jika memang disekat kedua ruang ini jadi terlihat sempit dan kecil. Tetapi, jika tidak disekat kami juga khawatir sisi privasi kami ketika sedang berkumpul dengan keluarga akan hilang saat ada tamu datang. Mohon Pencerahannya ya pak karena kami berdua benar-benar bingung dan belum bisa memutuskan.

Untuk desain, kami kebetulan suka dengan konsep modern dengan pemilihan warna yang atraktif. Sementara, untuk pilihan warna, saya sebagai isteri ingin mengaplikasi warna favorit saya di ruang terbatas ini. Kebetulan, saya suka dengan warna ungu. Sementara, suami menginginkan warna merah. Apakah memungkinkan untuk mengaplikasi kedua warna ini?

Saya pernah berdebat satu ruang dirancang warna ungu dan satu ruang merah. Tetapi, setelah kami pikir-pikir, akan aneh enggak ya. Terlepas dari ini, kami berdua sebenarnya hanya ingin menampilkan identitas kami. Makanya kami tak masalah jika rumah kami dirancang dengan permainan warna yang menarik. Asalkan, rumah kami tetap tampil cantik dan nyaman digunakan.

Untuk itu, bisakah kami didesainkan konsep desainnya? Terima kasih pak atas masukannya. Salam, Indriyani dan Sucipto Bekasi

JDear Ibu Indriyani dan Bapak Sucipto. Terima kasih sudah mengirimkan pertanyaan kepada RUMAH.

Menurut saya, ruang dengan kondisi seperti ini bisa dibuat terbuka tanpa sekat atau dengan sekat. Untuk konsep terbuka tanpa sekat, perbedaan ruang bisa didapat dengan memberikan perbedaan desain atau warna pada dindingnya.

Misal, dinding ruang tamu berwarna ungu dan dinding ruang keluarga berwarna netral seperti putih. Atau, Anda bisa memainkan ambalan pada salah satu dinding ruangnya atau kedua ruangnya. Permainan ambalan pada dinding juga dapat membuat fungsi ruang terlihat berbeda.

Nah, dikarenakan ada kekhawatiran mengenai privasi, saya memutuskan untuk membuat sekat atau partisi di antara kedua ruang ini. Agar tak terkesan sempit, partisi yang saya rancang ke arah semi transparan sehingga kedua ruang ini tak benar-benar terpisah.

Partisi ruang yang saya rancang dibuat sedemikian rupa, sehingga tampilannya menjadi lebih menarik. Partisi ruang ini terbuat dari balok kayu yang disusun menyerupai pemasangan batu bata yang direnggangkan, dengan ukuran 5cm x 25cm dan ketebalan 5cm. Dengan teknik ini, membuat tampilan partisi menjadi semi transparan.

Untuk membuat sekat lebih atraktif, balokan kayu diwarnai dengan kombinasi warna merah dan abu-abu, serta diberi rangka berwarna putih. Material catnya dipilih dari warna solid kayu. Ingat, pengecatan sebaiknya dilakukan sebanyak 2 lapis.

Ruang Tamu

Untuk desain ruang tamu, saya tak merancang yang anehaneh. Saya desain dengan konsep yang sangat simpel dengan

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.