MODIS DENGAN KACA FILM BERWARNA

CARA PEMASANGAN

Rumah - - HALAMAN DEPAN - TEKS RAHMA YULIANTI rahma@tabloidrumah.com FOTO ADITYA RIANDA

Anda pernah mendengar istilah kaca es atau sandblast? Kaca es adalah jenis kaca yang permukaannya dibuat agak buram—seperti ada bunga es di dalamnya—untuk menghalangi pandangan dari luar ke dalam. Kaca ini biasanya dipasang pada area-area yang membutuhkan cahaya namun memiliki privasi.

Sandblast memiliki fungsi serupa, namun ia berupa stiker yang dipasang setelah kaca jadi. Karena sandblast berwarna abu-abu atau putih susu yang buram, banyak pemilik rumah enggan menggunakannya. Benda ini kebanyakan dipakai pada kaca-kaca ruang kantor, rumah sakit, atau ruang publik lainnya.

Nah, sekarang ini ada kaca film berwarna, yakni stiker kaca yang fungsinya dan cara pemasangannya mirip sandblast namun memiliki motif dan warna yang menarik—tak sekadar abu-abu. Salah satu merek kaca film berwarna adalah Lucky, yang diimpor oleh PT Samsim Jaya.

Ada 3 tipe kaca film yang dijual yakni kaca film berwarna, 2D, dan 3D. Jika permukaannya diraba, terasa kalau kaca film 3D memiliki tekstur, mirip dengan kaca es. Memasangnya pun mudah, semudah menempelkan stiker kertas.

Kaca film dijual dalam bentuk lembaran ( roll) dengan panjang 20m atau 50m. Lebarnya pun bervariasi antara 90—127cm dengan harga sekitar Rp1,2 juta—rp2,5 juta/ roll. Namun, Anda juga bisa membelinya per meter, dengan harga mulai dari Rp40.000/meter. Semprotkan air pada kaca secara merata Agar kaca film melekat dengan baik, Anda dapat menggunakan bantuan berupa penggaris, pembersih kaca, ataupun kartu ATM.

aneka motif kaca film 3D.

Bersihkan kaca yang akan ditempeli kaca film. Kaca yang ditempeli adalah kaca bagian dalam.

Buka pelapis belakang kaca film, lalu tempelkan kaca film pada kaca.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.