Industrial Fun di Markas dion Wiyoko

Rumah - - INTERIOR - TEKS SELVIA MARTIANI selvi@tabloidrumah.com FOTO JOU ENDHY PESUARISSA, YANNIS RUDOLF PRATASIK PENERAPAN INDUSTRIAL

Jika Anda pernah menonton film berjudul Merry Riana: Mimpi Sejuta Dollar, maka Anda pasti sudah akrab dengan aktor tampan ini, Dion Wiyoko (31). Lama bergelut di dunia akting, siapa sangka Dion, sapaan karibnya, memiliki ambisi lain yakni membangun bisnis kuliner. Keinginan ini ia wujudkan dengan membangun kafe yang dinamainya O!fish.

Bak gayung bersambut. Pertemuan dengan seorang teman lama membuat mimpi itu segera terealiasasi. Bersama 2 orang temannya, aktor yang juga pembawa acara My Trip, My Adventure ini pun mencoba peruntungan baru di bisnis kuliner dengan membuka kafe bernama O!fish.

Tak hanya jago menggoyang lidah lewat menunya, O!fish juga dilengkapi dengan desain interior yang unik dan membuat siapa pun ingin ber- selfie di setiap sudut ruangnya.

IKUT TERJUN LANGSUNG MENENTUKAN DESAIN

Dalam hal desain, Dion dan temannya, menyerahkan sepenuhnya kepada sang desainer. Namun, tentunya Dion memiliki keinginan-keinginan tersendiri untuk kafenya. Tampilan industrial menjadi salah satu konsep yang ingin dihadirkan. Selebihnya, ia ingin menampilkan interior yang eye catching dan dapat dijadikan latar foto selfie.

“Kalau soal tampilan saya ingin yang simpel dan industrial look, serta pastinya bisa jadi latar fotofoto selfie. Sehingga setiap orang dapat mem- posting- nya di akun media sosial mereka,” tuturnya.

O!fish terdiri dari 3 lantai. Setiap lantainya mengusung konsep industrial kontemporer yang terkesan fun dan maskulin. Kalau biasanya sentuhan industrial menerapkan konsep dinding ekspos, berbeda dengan O!fish. Dindingnya dilapisi material keramik putih berukuran 10cm x 20cm.

Sesuai dengan namanya, desain industrial terinspirasi dari desain warehouse (pabrik/ industri) yang banyak bermain dengan material metal/baja, kayu, beton, dan bata. Bangunan pabrik biasanya mementingkan unsur fungsional sehingga terkesan mengabaikan unsur estetika. Aplikasi materialnya sengaja dibiarkan “telanjang” untuk menunjukkan tampilan tekstur dan bentuk material aslinya.

Tampilan unik yang terkesan alami dan rastik ini rupanya disukai para desainer. Tak heran bila akhirnya para desainer menerapkannya pada bangunan rumah atau bangunan komersil, seperti kafe atau kantor. Sentuhan industrial pada bangunan rumah atau kafe akan semakin keren bila dipadukan dengan desain yang mumpuni. Seperti halnya O!fish ini.

Selain bermain dengan material, kafe ini dirancang dengan mempertimbangkan tren masa kini. Misalnya, penerapan warna, furnitur, keramik, dan seni (mural). Bagi Anda yang tertarik mengaplikasikan gaya interior ini, kafe O!fish bisa menginpirasi Anda.

Material lantai menggunakan keramik berbentuk heksagonal. lantai heksagonal memang sedang menjadi tren tahun ini. tak hanya terkesan trendi, nuansa cokelatnya memberi kesan maskulin ke dalam ruang.

Elemen dinding di area lantai 1 kafe ini menggunakan panel-panel kayu yang disusun secara acak.

Plafon tinggi berhias rangka kayu membuat sentuhan industrial semakin terasa. Pembatas transparan membawa masuk cahaya alami ke dalam ruang.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.