Realrich Sjarief DAPUR MINIMALIS ALA CHEF

Dapur yang kecil bukan berarti tak bisa nyaman. Dengan konsep ala chef, arsitek muda ini mendesain dapur kecilnya agar nyaman digunakan.

Rumah - - LAPORAN UTAMA - TEKS EMILIA NURIANA emilia.nuriana@gramedia-majalah.com FOTO JOU ENDHY PESUARISSA

Simpel dan elegan, inilah kesan pertama ketika RUMAH mengunjungi dapur dari rumah arsitek Realrich Sjarief di bilangan Meruya, Jakarta Barat. Tidak ada pernik khusus yang menghias dapur berukuran 3m x 2m ini. Meski begitu dapur tetap percaya diri tampil di bagian depan rumah, menyatu dengan ruang keluarga.

Dapur ini didesain mengikuti tema utama dari The Guild, rumah sekaligus kantor dari RAW Architecture. “Konsep utamanya lebih mengarah ke desain yang simpel, raw, dan down to earth,” kata Rich, sapaan akrabnya. Desain tersebut kemudian tercermin dari penggunaan material pada dapur. Misalnya backsplash yang tampil polos tanpa finishing, table top yang terbuat dari pelat besi, serta kabinet dapur dari material vinil.

SIMPEL DAN KOMPAK

Desain dapur dari waktu ke waktu terus berubah. Menurut Rich dahulu banyak desainer interior yang membuat dapur yang luas dengan alasan agar ruang gerak lebih nyaman. Tapi desain ini kemudian berubah sejak akhir 2010-an. Kini arsitek dan desainer interior banyak beralih ke desain dapur yang lebih simpel dan memanfaatkan ruang yang sempit. Hal ini juga yang dilakukan Rich ketika mendesain dapur di rumahnya.

Arsitek muda yang pernah menjadi pemenang IAI Award Jakarta, tahun 2012 lalu ini sengaja mendesain dapur bersih miliknya seperti dapur milik chef. “Kurang lebih mengikuti konsep chef ketika memasak, semua ada di depan mata,” kata Rich. Menurutnya, ruang gerak dapur tidak perlu terlalu luas karena yang paling penting adalah keleluasaan ketika beraktivitas di dapur. “Karena itu saya menggunakan desain yang simpel dan furnitur kompak,” ungkap Rich.

Selain tampilan, desain juga berpengaruh pada waktu pengerjaan. Cukup 1 bulan saja, dapur Rich rampung dikerjakan. “Paling penting perencanaan desain yang matang, maka pengerjaan dapur bisa lebih singkat,” kata Rich menutup perbincangan. Dapur kecil bisa tampil menawan juga, kan?.

ukuran yang tidak terlalu luas dan desain yang simpel membuat pengerjaan dapur ini cukup 1 bulan saja. meja island juga bisa diaplikasikan pada dapur berlahan sempit. Yang penting sesuaikan ukuran, serta fungsinya.

aksen lengkung pada jendela membuat tampilan dapur ini tidak monoton

Unfinished, menjadi salah satu kata kunci ketika mendesain dapur ini. Kesan unfinished salah satunya terlihat dari backsplash.

Cooker Hood jenis island dipilih untuk melengkapi meja island mungil di tengah dapur.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.