Dendy Darman DAPUR KLASIK ALA AMERICAN HOUSE

Mendominasi dapurnya dengan warna putih, begitulah cara Dendy mewujudkan dapur impiannya.

Rumah - - LAPORAN UTAMA - TEKS TIYA SEPTIAWATI tiyaseptiawati@gmail.com FOTO JOU ENDHY PESUARISSA, YANNIS RUDOLF PRATASIK

Ada kesan yang langsung muncul di benak ketika melihat dapur milik Dendy Darman ini. Warna putih yang mendominasi mengingatkan kita pada rumah-rumah bergaya Amerika. Ternyata, memang dari sanalah inspirasi tersebut datang. Dendy mengaku desain dapurnya sedikit-banyak memang terpengaruh oleh desain rumah yang berkembang di era tahun 1950-an dan 1960-an (midcentury).

Konsep american house dipilih Dendy tentu bukan tanpa alasan. Menurutnya, nuansa elegan dan kekal yang diciptakannya tak lekang dan terus digemari. “Konsep american house ini klasik. Sementara kalau klasik itu biasanya timeless. Jadi, sebenarnya saya mau membuat dapur yang timeless,” ujar salah satu sosok di balik nama besar bisnis clothing di Bandung, Unkl347.

Dapur yang timeless tersebut pun diwujudkan Dendy dengan penggunaan material granit marble pada table top dan keramik subway tiles berukuran 20cm x 20cm pada bagian backsplash. Koleksi cangkir teh bergaya vintage yang dipamerkan pada kabinet juga semakin mendukung konsep klasik yang diciptakan Dendy.

SUDUT FAVORIT ISTRI

Dendy mengaku banyak andil sang istri untuk menciptakan konsep dapurnya. “Konsep dapur ini sebenarnya istri yang mau, saya tinggal merealisasikannya saja. Jadi kayak ngerjain orderan istri, deh,” ujar desainer yang lebih senang mendesain rumah mungil ini sambil tertawa.

Dapur hasil rancangan Dendy ini pun berhasil menjadi salah satu sudut favorit sang istri, Nonon Karlina. Dapur bersih atau pantri ini biasa dijadikan tempat Lina— sapaan akrab sang istri—untuk menyalurkan hobi memasak dan membuat kue. Itulah mengapa dapur seluas 9m x 5m ini hanya dilengkapi dengan beberapa peralatan baking.

Walaupun dapur ini didominasi oleh warna putih, Dendy mengaku bahwa perawatannya cukup mudah berkat finishing duco. “Kalau kotor, bisa di- compound jadi putih lagi,” ujar Dendy. Proses pengerjaan dapur yang menghadap langsung ke teras belakang ini ternyata terbilang cepat, hanya 2 minggu saja termasuk proses pemasangannya. Saat ditanya bujet, Dendy mengaku menghabiskan biaya Rp25juta untuk dapurnya. KEDIAMAN KELUARGA DENDY DARMAN, KEBON BIBIT, BANDUNG, JAWA BARAT

keramik subway tiles digunakan untuk material backsplash.

dapur dengan desain I-line ini bersebelahan langsung dengan teras belakang.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.