Endrawan Nimpuno YANG PENTING FUNGSIONAL

Tampak kecil namun fungsional. Begitulah prinsip Endrawan dalam merancang dapur di rumahnya.

Rumah - - LAPORAN UTAMA - TEKS TIYA SEPTIAWATI tiyaseptiawati@gmail.com FOTO JOU ENDHY PESUARISSA GEMAR MEMASAK

Endrawan Nimpuno sadar betul bahwa luas pada area dapur di rumahnya sangat terbatas. Oleh karenanya, ia pun harus menyiasatinya. Sesuatu yang serbasimpel dan minimalis akhirnya dipilih sebagai konsep dapurnya. Konsep ini juga selaras dengan konsep keseluruhan rumahnya, yaitu modern minimalis. Tak hanya itu, ia juga mengutamakan desain dapur yang fungsional.

“Karena space- nya kecil, jadi kita manfaatkan semaksimal mungkin. Biasanya dapur harus didesain dengan layout yang sesuai, nah kita sudah enggak mikirin hal itu, yang penting api dan air berjauhan. Pokoknya sederhana,” cerita Endrawan saat ditemui di kediamannya, Jatipadang, Jakarta Selatan.

Daripada warna-warna yang mencolok mata, Endrawan lebih menyukai warna-warna netral yang dekat dengan nuansa alam, seperti cokelat dan putih. Hampir seluruh kabinet kitchen set di dapurnya didominasi oleh warna putih dan cokelat tua.

Begitupun dengan table top dapur yang kesemua warna hitam alaminya muncul dari bahan granit. Material granti dipilih karena tahan terhadap panas, dingin, serta gesekan. Untuk kabinet bawah, semuanya dilapis veneer bernuansa cokelat kelam. Warna ini dipilih Endrawan agar kabinet tak cepat kotor.

Satu hal yang menarik tentang pria lulusan Arsitektur Universitas Indonesia ini. Ternyata, ia gemar memasak, lho! “Saya lumayan sering menghabiskan waktu di dapur, hampir setiap hari pasti ada aktivitas di dapur. Saya lebih suka masak sendiri, antara pagi atau malam hari, ujar pria yang pernah bekerja sebagai desainer lighting di Grahacipta Hadiprana.

Sering menghabiskan waktu di dapur membuat Endrawan dan istrinya harus menyulap dapurnya senyaman mungkin. Semua Nama Lengkap: Endrawan Nimpuno Tempat, tanggal lahir: Jakarta, 11 januari 1980. Pendidikan: S1 Arsitektur Universitas Indonesia tahun 1998 Karier: Senior Designer BC+A Ateliers Lighting principal/director ENP Design Consultant aktivitas memasak pun dilakukan di dapur ini karena fungsinya yang sekaligus sebagai dapur kotor. Tone lampu berwana kuning pun ia pilih untuk menerangi dapur seluas 4m x 3m ini. Menurutnya, warna bohlam berwarna kuning identik dengan kesan hangat. Walaupun dapur ini memang tampak sempit, Endrawan berhasil merancang dapur yang nyaman untuk ia dan keluarga. Aktivitas memasak pun jadi menyenangkan!

Warna putih pada kabinet atas dipilih agar warna keseluruhan dapur tidak terlalu berat.

Kabinet atas digunakan Endrawan sebagai storage untuk meletakkan beberapa perabot.

Keramik mozaik berukuran 50mm x 50mm dipilih sebagai material backsplash.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.