Cara Baru investasi properti Beli rumah Kos Dari pengembang

Bisnis rumah kos kini kembali menggeliat dengan hadirnya rumah kos modern yang dibangun oleh pengembang. Anda tinggal terima beres, desainnya kekinian, dan lokasinya strategis. Konsep Baru

Rumah - - PROPERTI - TEKS EMILIA NURIANA emilia.nuriana@gramedia-majalah.com

Rumah kos tentu sudah lama dikenal. Konsep hunian ini banyak ditemui di wilayah dekat kampus maupun perkantoran. Rumah kos selain sebagai hunian sementara mahasiswa atau pekerja, juga bisa jadi lahan bisnis yang menguntungkan. Misalnya saja Kusnadi (40), yang memiliki bisnis rumah kos di kawasan Pondok Cina, Depok.

Rumah kos milik Mang Engkus, sapaan akrabnya, selalu penuh dihuni oleh mahasiswa yang berkuliah di Universitas Indonesia dan Universitas Gunadarma. Beberapa penghuni kos bahkan melanjutkan sewanya hingga ia lulus kuliah dan bekerja. Maklum saja, harga sewa yang cukup terjangkau, yakni Rp600.000 per bulan, dengan lokasi dan fasilitas yang bagus, membuat rumah kos ini diminati.

Rumah kos milik Mang Engkus tadi hanya salah satu contoh konsep rumah kos yang banyak tersedia di kota besar. Rumah kos tersebut biasanya dibangun dari perluasan rumah pribadi dengan cara menambahkan beberapa unit kamar. Dengan cara ini, pemilik rumah harus mengeluarkan biaya renovasi yang cukup besar.

Karena selain menambah kamar, pemilik rumah harus membuat fasilitas kos misalnya kamar mandi, ruang tamu, hingga dapur. Belum lagi fasiltas daya listrik yang besar serta jaringan internet Wi-fi yang kini menjadi salah satu pertimbangan seseorang ketika memilih kamar kos yang akan disewanya.

Melihat prospek bisnis tersebut, rupanya beberapa pengembang kini menyediakan hunian berkonsep rumah kos yang sudah siap huni. Sebut saja Solusindo Jitu yang menawarkan rumah kos (rukos) eksklusif di kawasan Yogyakarta, Galuh Mas dengan rukos untuk pekerja di Karawang, dan Wanarajasa yang memasarkan rukos di Jatinangor dekat kampus Universitas Padjajaran (Unpad).

Hunian berkonsep rukos ini rata-rata ditawarkan berupa bangunan 2 lantai berukuran 7m x 15m hingga 7m x 18m yang berisi 10-12 unit kamar kos. Kelebihan rumah kos dari pengembang adalah pemilik tidak perlu lagi memikirkan pembangunan fasilitas penunjang kos, seperti Wi-fi dan ruang bersantai karena pengembang sudah menyediakannya. “Kami menawarkan rumah kos yang siap dipasarkan supaya pemilik tidak perlu repot lagi renovasi,” kata Rohman, marketing Galuh Mas.

Desain Kekinian

Campur tangan pengembang dalam menyediakan rumah kos tentu berpengaruh pada desain bangunan rumah kos. Bila rumah kos konsep lama jarang ada yang berdesain kekinian, konsep rumah kos dari pengembang hampir seluruhnya mengikuti gaya masa kini. Hal inilah yang menambah nilai investasi rumah kos dari pengembang. “Kami menyediakan rumah kos yang berdesain modern dengan spek

DOK. PT SOLUSINDO JITU

rumah kos dari pengembang sudah menawarkan kamar semi hingga full furnished.

Bukan cuma eksterior, interior kamar dan fasilitas di dalam rukost juga didesain dengan cantik.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.