Satu Pipa untuk Air Dingin dan Air Panas

Sebuah inovasi teknologi di bidang pemipaan telah memberikan solusi untuk permasalahan distribusi air bersih yang lebih aman dan praktis.

Rumah - - ADVERTORIAL - JENIS-JENIS PIPA

Bicara soal air tak akan pernah selesai. Keberadaannya begitu berpengaruh terhadap kehidupan kita. Namun, tak dipungikiri permasalahan soal air tak ada habisnya. Salah satunya adalah masalah distribusi air yang tak lancar dan tak aman yang dapat mencemari air itu sendiri.

Kunci permasalahannya terletak pada sistem pemipaan air ( plumbing). Sistem pemipaan ini ibarat urat nadi, di mana seluruh aktivitas dari mulai memasak, mencuci, ataupun mandi, semua memerlukan air. Karenanya, kondisi sistem pemipaan ini sudah selayaknya prima. Untuk itulah perlu perencanaan yang benar sejak awal dimulainya proses pembangunan rumah.

Salah satu perangkat yang penting dalam pemipaan adalah pipa. Selama ini ada beragam jenis pipa yang kita kenal. Masingmasing diproduksi untuk kebutuhan dan penggunaan tertentu.

Sebut saja pipa besi cor untuk pipa air bersih dingin; pipa baja yang bisa digunakan untuk air panas, air dingin, dan air buangan; pipa PVC yang hanya digunakan untuk air dingin dan lainnya tetapi tidak disarankan untuk air panas.

SATU PIPA UNTUK AIR DINGIN DAN PANAS

Seiring berkembangnya zaman dan teknologi yang semakin maju, muncullah sebuah inovasi di bidang pemipaan ini. Sebuah inovasi teknologi yang memberi solusi bagi permasalahan pipa selama ini. Solusi pipa yang lebih praktis, aman, dan tahan lama. Satu pipa untuk saluran air panas dan air dingin bertekanan.

Pipa yang dibuat dari material polypropylene yang dirancang khusus untuk mengalirkan air panas maupun dingin bertekanan dengan jenjang produk yang luas. Material polypropylene random (PPR) tipe 3 yang sangat ringan ini memudahkan transportasi dan instalasinya. Material ini juga ramah lingkungan karena dapat didaur ulang dan dibakar dengan menggunakan mesin pembakar sampah. Material ini mempunyai sifat rambat panas yang rendah sehingga dapat menyimpan panas lebih lama tanpa harus dilapisi selubung penahan panas. Fleksibilitas dan kekenyalan material polypropylene random membuat pipa ini tidak bermasalah pada daerah yang rawan gempa. Elastisitas dari polypropylene random (PPR) tipe 3 dapat meredam kebisingan yang terjadi pada instalasi bahkan kebisingan yang disebabkan oleh water hammer.

Dalam aplikasinya, pipa sistem lengkap ini, tersedia dalam beragam pilihan. Ketebalan dinding pipa bervariasi sesuai dengan kelas tekanan dan temperatur air sesuai penggunaannya. Karakter permukaan dalam pipa, licin dan halus, mengakibatkan tidak terbentuknya pengendapan kotoran pada pipa dan juga head loss yang terjadi lebih kecil daripada pipa air panas dan dingin tradisional lainnya, serta mampu bertahan pada aliran asam dan basa kuat walaupun pada temperatur 115 derajat Celcius.

Sistem sambungan pipanya menggunakan sistem penyambungan heat fusion dengan menggunakan pemanas polyfusion dan electrofusion yang memberikan hasil sambungan yang homogen (bersenyawa) sehingga sangat kuat (sama dengan kekuatan pipa). Dengan sistem penyambungan ini menjamin pipa antibocor dan tahan lama dan bebas perawatan. Ketahanan pipa bertahan sampai 50 tahun. Seluruh sambungan adalah sambungan ulir yang dibuat dari material yang tahan terhadap panas, antikarat (dapat mengalirkan air dengan kecepatan 7m/detik tanpa menimbulkan abrasi), serta dapat diaplikasikan ke seluruh sistem sanitari.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.