Rancangan Rumah terbuka di Lahan 84m2

Rumah - - KONSULTASI -

Kepada Yth. Bapak Wijoyo Hendromartono. Dengan hormat, Saya akan membangun rumah 2 lantai di lahan ukuran 7m x 12m, dengan cara bertahap. Saya ingin dari lantai atas bisa melihat aktivitas di lantai bawah. Jadi, enggak tertutup total lantainya.

Adapun ruangan yang saya inginkan adalah sebagai berikut.

TLantai Bawah 1. Garasi 2. Teras 3. Ruang tamu & ruang keluarga 4. Ruang dapur & ruang makan 5. Kamar tidur 1 buah 6. Taman indoor Lantai atas 7. Ruang keluarga 8. Kamar tidur 1 buah 9. Kamar mandi 1 buah 10. Area servis 11. Balkon Mohon dibantu untuk didesainkan rumah dengan konsep yang simpel, nyaman, dan asri sehingga sirkulasi udara berputar dengan baik meski tanpa pendingin ruangan.

Terima kasih atas bantuannya. Salam, Jauza, semarang Saudara Jauza Yth.

Terima kasih untuk pertanyaannya.

Dengan keterbatasan lahan yang ada, desain rumah yang Anda inginkan tidak dapat seluruhnya terpenuhi. Dengan luas tanah 84m2 (7m x 12m), tidak mungkin seluruhnya bisa dibangun rumah. Anda tetap membutuhkan ruang terbuka untuk memenuhi syarat rumah yang sehat dan baik.

Sebagai contoh, dengan lahan seluas itu, rasanya Anda tidak memerlukan adanya garasi untuk menyimpan kendaraan. Definisi garasi adalah ruang tertutup dengan 2 atau 3 dinding dan berpintu. Sangat disayangkan apabila harus mengorbankan ruang untuk garasi.

JJadi, saya menyarankan Anda cukup meyediakan carport terbuka. Dengan bentuk terbuka, carport tidak perlu berada di belakang Garis Sempadan Bangunan (GSB). Untuk rumah Anda, saya mengasumsikan Gsb-nya adalah 3m dari batas jalan.

Untuk pembagian ruang dalam, agar rumah tidak terasa sempit, dinding dan ruang tertutup hanya untuk area pribadi, yaitu ruang tidur dan kamar mandi. Sedangkan untuk ruang bersama sebaiknya terbuka atau tak perlu berpintu untuk saling berhubungan.

Dengan ruang yang terbuka, selain rumah terasa lebih luas, sirkulasi udara pun akan menjadi lebih baik, sehingga rumah tidak akan terasa pengap dan panas. Angin yang membawa udara segar dapat masuk dan leluasa beredar di dalam rumah, dan udara panas

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.