TUANGKAN IDE LEWAT DEKORASI RUMAH

Mempertahankan desain dari pengembang bukan berarti tampilan rumah jadi membosankan. Dengan dekorasi yang apik, rumah bisa juga tampil lain daripada yang lain.

Rumah - - RUMAH KITA - TEKS EMILIA NURIANA emilia.nuriana@gramedia-majalah.com FOTO JOU ENDHY PESUARISSA, YANNIS RUDOLF PRATASIK

Mempercantik rumah bukan berarti harus melakukan renovasi yang memakan biaya mahal. Tanpa mengubah desain awal rumah dari pengembang, kita tetap bisa membuat rumah tampil cantik. Salah satu caranya dengan mendekorasi ruangan.

Inilah yang dilakukan oleh Putu Aneth (37) pada rumahnya di kawasan Cibubur, Jakarta Timur. Putu, begitu ia akrab disapa, melakukan berbagai dekorasi hingga interior rumahnya tampil menawan. Putu tidak menentukan tema tertentu ketika mendekorasi rumahnya. Ada sentuhan skandinavian pada furnitur, sentuhan warna retro pada beberapa sudut, hingga gaya vintage dari ubin tegel.

DEKOR SANA-SINI

Putu banyak mengambil ide dari Pinterest dan Instagram ketika mendekorasi rumahnya. Ide-ide tersebut kemudian ia padankan sendiri sesuai keinginannya. Soal furnitur, Putu

banyak menggunakan furnitur kompak dengan desain yang simpel di rumahnya. Ia mengakui keberadaan toko furnitur modern cukup membantu dirinya dalam memilih furnitur. “Desain yang simpel dan ringan bikin rumah tidak sumpek, padahal ukuran rumah saya termasuk sempit,” kata Putu.

Putu mengungkapkan proses dekorasi rumahnya tidak berlangsung singkat. ”Butuh sekitar satu tahun untuk mendekor. Beli perlengkapannya juga kadang random tergantung apa yang sedang tren,” ungkap Putu. Putu kemudian memadukan berbagai elemen dekorasi yang telah dikumpulkannya secara apik berkat kepandaiannya di bidang desain.

Tapi usut punya usut, ternyata pada awalnya Putu tidak memiliki latar pendidikan desain interior. Namun kecintaannya pada bidang desain membuat lulusan komunikasi ini lalu mengambil kursus desain interior di Jakarta.

Menurut Putu, ia masih ingin mendekorasi lagi beberapa bagian di rumahnya. Terutama di area dapur yang saat ini masih dalam proses perencanaan. “Dapur rencananya akan ditambahkan tegel supaya lebih berwarna,” kata Putu.

HOBI DAN BISNIS

Mendekorasi rumah rupanya bukan sekadar ekspresi Putu untuk menyalurkan hobinya. Saat ini ibu dari Syabriel Renatha (10) dan I Gusti Agung Raja (3) ini juga tengah menggeluti bidang desain interior. Putu menawarkan jasa desain interior khususnya untuk desain dapur dan kamar mandi. “Penggunaan tegel dan ubin bermotif jadi ciri khas desain saya,” ucap Putu.

Dekorasi interior yang dibuat Putu untuk rumahnya kemudian ia gunakan sebagai contoh untuk teman maupun calon klien yang ingin menggunakan jasa desain darinya. “Jadi selain karena hobi, rumah juga jadi semacam

showroom buat calon klien,” kata Putu menutup cerita.

Kamar anak sengaja didesain sederhana tapi chic agar desainnya bisa dipakai hingga anak tumbuh dewasa. LOKASI KEDIAMAN I GUSTI AGUNG PARINTOSA-PUTU ANETH, CITRA GRAN, CIBUBUR DESAINER PUTU ANETH, PUTU DÉCOR

Material kayu mendominasi untuk menambah kesan natural yang kekinian di area dapur. Stiker vinil pada kulkas juga jadi dekorasi pelengkap yang cantik.

HARGA Rp125.000-rp350.000

Jendela besar di kamar utama dipertahankan untuk pencahayaan alami di siang hari.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.