Si Kuno yang Kekinian

Tegel kini tidak hanya sebagai penutup lantai. Motifnya yang unik juga cantik menghiasi area lain di dalam ruang.

Rumah - - INTERIOR - TEKS EMILIA NURIANA emilia.nuriana@gramedia-majalah.com FOTO JOU ENDHY PESUARISSA, YANNIS RUDOLF PRATASIK FURNITUR TEGEL

Tegel sudah dikenal sejak lama sebagai penutup lantai pada hunian. Ubin yang dibuat dari semen ini memiliki motif yang menarik dengan berbagai pilihan warna. Memiliki kesan vintage tidak membuat tegel ketinggalan zaman. Justru ubin jenis ini semakin digemari dan digunakan dibanyak tempat. Putu Aneth, desainer interior sekaligus pengusaha ubin bermotif, Tegel Soeryo, mengatakan saat ini banyak pemilik rumah yang menggunakan tegel sebagai elemen dekorasi rumah. “Motif tegel yang bermacam-macam juga bisa dikombinasikan saat pengaplikasian,” kata Putu.

Area pengaplikasian ubin tegel kini juga semakin beragam. Tidak hanya hadir di teras, tegel rupanya sudah menghampiri area basah misalnya pada backsplash dapur hingga kamar mandi. Anggapan tegel yang menyerap air dan tidak cocok di area basah, rupanya telah disingkirkan karena ubin ini telah banyak dimodifikasi. “Penggunaan tegel di area basah bisa disiasati dengan menggunakan finishing khusus,” ungkap Putu.

Kreasi tegel kini juga tidak sebatas penutup lantai dan dinding. Tegel juga muncul pada produk furnitur misalnya meja, bangku, dan stool. Desain furnitur dengan tegel ini biasanya shower. mengombinasikan antara sentuhan skandinavian pada kayu furnitur dan sentuhan klasik lewat motif tegel.

Warna-warna yang digunakan untuk furnitur dengan tegel juga biasanya berwarna netral, misalnya putih. Warna netral dipilih untuk mengimbangi tegel yang berwarna-warni. “Dengan begitu furnitur tegel ini akan cocok diletakkan pada ruangan dengan tema apa saja,” ujar Putu.

Di beberapa produsen penyedia furnitur tegel, pemilik rumah juga bisa mengkreasikan sendiri motif pada furnitur tegelnya. Misalnya di Tegel Soeryo milik Putu, tegel bermotif huruf kini sedang digemari. “Pembeli biasanya senang karena bisa menuliskan kata-kata maupun

LOKASI KEDIAMAN I GUSTI AGUNG PARINTOSA – PUTU ANETH, CITRA GRAN, CIBUBUR DESAINER PUTU ANETH, PUTU DECOR

Ubin tegel ini awalnya hanya digunakan sebagai penutup lantai. Namun sekarang, benda ini bisa diaplikasikan di berbagai elemen.

LOKASI KEDIAMAN I GUSTI AGUNG PARINTOSA – PUTU ANETH, CITRA GRAN, CIBUBUR PUTU ANETH, PUTU DECOR

DESAINER Penambahan tegel pada kamar mandi bisa dilakukan di salah satu sudut saja. Misalnya pada area

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.