JUTA

Bosan dengan tampilan taman Anda di rumah? Atau, Anda merasa tidak puas dengan desain taman yang dibuat pengembang? Renovasi saja! Masalah biaya, tak perlu khawatir. Dengan beberapa tip berikut, Anda bisa memiliki taman cantik berbiaya murah.

Rumah - - LAPORAN UTAMA - TEKS GRACE ELDORA graceldora@gmail.com

Bukan rahasia umum lagi, taman yang dibuat pengembang perumahan biasanya didesain seragam dan ala kadarnya. Isi taman hanya terdiri dari rumput sebagai groundcover dan satu buah pohon yang dikelilingi tanaman perdu.

Tentunya, taman seperti ini jadi terlihat kurang menarik dan membosankan. Padahal, di antara keseragaman rumah yang dibuat pengembang, taman yang lokasinya di depan rumah bisa menjadi pembeda sekaligus identitas Anda sebagai pemilik rumah.

KALAU MAU BAGUS, HARUS DIRENOVASI

Teuku Firmansyah, arsitek lansekap PT Bunga Bangun Persada, pengembang perumahan khusus tipe klaster, mengakui bahwa taman yang didesain pengembang, baik yang lokasinya berada di depan, tengah ( innercourt) atau belakang akan dirancang sama. Keseragaman desain ini untuk memudahkan proses pengerjaan dan pengawasannya.

“Susah kalau setiap pengembang perumahan dituntut harus mendesain taman berbeda tiap unit rumahnya. Bisa dibayangkan, jika ada seribu unit rumah, berarti akan ada seribu taman juga. Effort terlalu besar,” ucap Firman. Secara desain pun, Firman mengaku taman yang dibuat pengembang perumahan sedikit monoton.

Untuk itu, jika ada dana lebih, Firman menganjurkan untuk merenovasi taman bagi semua pemilik rumah sesaat setelah serah terima kunci. Selain dapat mempercantik dan menaikkan nilai jual rumah, juga dapat menjadi pembeda rumah Anda dengan rumah lainnya.

BIAYA SANGAT SUBJEKTIF

Untuk masalah biaya, Firman mengungkapkan bahwa biaya membangun taman itu sangat subjektif. Dengan lahan seluas 3m x 3m, Anda bisa membuat taman seharga Rp1 juta-rp2 juta, bahkan bisa juga Anda mengeluarkan biaya hingga Rp100 juta lebih. “Selain desain, yang membedakan adalah isi di dalam taman itu sendiri,” ucapnya.

Isi taman itu meliputi beberapa hal berikut ini. pertama, jenis tanaman. Bagi Anda yang memiliki dana lebih, Anda bisa membeli tanaman yang harganya mahal, seperti palem raja. Tetapi, jika dana Anda terbatas, ada banyak jenis tanaman murah yang bisa Anda beli di tukang tanaman. Yang terpenting, Anda bisa memadupadankannya.

Kedua, elemen Elemen ini terkait benda keras yang ada di taman. Jika memiliki dana lebih, Anda bisa menambahkan elemen seperti patung, sculpture, atau instalasi menarik. Jika tidak, Anda masih bisa bermain dengan elemen seperti permainan batu koral.

Ketiga, keberadaan furnitur. Ini tergantung dengan konsep dan luas taman. Jika taman Anda dirancang sebagai taman aktif dan untuk kumpul keluarga, Anda bisa meletakkan furnitur. Jika tidak, Anda tak perlu menambahkan dan memaksakan furnitur masuk ke taman. Penambahan furnitur pun akan memengaruhi harga taman.

Lebih detilnya, di rubrik Laporan Utama ini akan dibahas berbagai tip dan trik untuk mengakali harga taman agar lebih murah, berikut inspirasinya. Jadi, baca terus ya hingga tuntas.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.