TEKAN BIAYA DI HARDSCAPE-NYA

Keberadaan elemen hardscape dapat membuat biaya merenovasi taman Anda membengkak. Lantas, apa yang perlu Anda perhatikan dan solusi apa yang bisa Anda ambil untuk menekan biaya ini?

Rumah - - LAPORAN UTAMA - TEKS GRACE ELDORA graceldora@gmail.com FOTO JOU ENDHY PESUARISSA

Andie Xoticgarden dari konsultan lansekap Xoticgarden mengungkapkan bahwa elemen yang paling menguras kantong adalah elemen hardscape, seperti kolam, gazebo, dan artwork. Jika Anda memang tertarik menghadirkan elemen ini di taman, Anda harus benar-benar mempersiapkan dananya.

Ini dikarenakan untuk biaya membangun kolamnya saja bisa mencapai Rp600.000-rp800.000 per m2, belum termasuk isi kolam dan instalasinya. Begitu juga jika Anda ingin menghadirkan gazebo. Harga gazebo kayu biasa (bukan jati) yang paling murah Rp3 juta untuk yang berukuran 2m x 2m.

Jikalau Anda ingin menghadirkan elemen ini, sebaiknya pilih salah satu saja. Misal, taman plus kolam, taman plus waterwall, atau taman yang ada gazebonya. Begitupun dengan aksesorinya seperti patung, sculpture, atau artwork. Terlalu banyak elemen hardscape di dalam taman, selain dapat membengkakkan biaya, juga akan membuat taman Anda terlalu ramai dan tidak fokus.

Selain itu, perhatikan ukurannya. Anda tidak perlu membuat hardscape berukuran besar jika dana yang Anda miliki terbatas. Cukup buat yang mungil tetapi tetap proporsional. Yang penting, Anda bisa menikmati dan tampilan taman Anda tetap terlihat menarik.

Untuk meterial hardscapenya, sebaiknya pilih yang tahan terhadap cuaca. Misalnya, mengganti material kayu asli dengan kayu imitasi atau melengkapi material tersebut dengan lapisan anti-jamur atau anti-lapuk. Tujuannya, agar taman Anda memiliki umur yang panjang.

LOKASI KEDIAMAN ERLY LIDJAYA – LIE HENGKY LIKAMTO, ALAM SUTERA, TANGERANG LILIANA - THE ARSITEX

Anda bisa berkreasi dengan elemen seperti batu alam dengan berbagai bentuk dan warna. Inspirasi satu ini merupakan kreasi jalan setapak atau stepping stone, sekaligus sebagai penyeimbang elemen tanaman. DESAIN INTERIOR

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.