PILIH TANAMAN YANG MURAH INI PILIHAN TANAMANNYA!

Mahal-murahnya sebuah taman umumnya ditentukan dari pemilihan jenis tanamannya. Salah pilih tanaman, ongkos merenovasi pun akan membengkak.

Rumah - - LAPORAN UTAMA - TEKS SELVIA MARTIANI selvia@gramedia-majalah FOTO YANIS RUDOLF PRATASIK

Renovasi taman tanpa konsep dan tema yang kuat akan membuat biaya renovasi membengkak. Tanpa perencanaan matang, dikhawatirkan akan terjadi kasus tambal sulam. Oleh sebab itu, ia menyarankan untuk menentukan tema dan konsep terlebih dulu, sehingga pemilik rumah memiliki panduan dalam berbelanja tanaman dan material.

Saat memilih jenis tanaman, ada 2 hal yang harus Anda perhatikan. Pertama, jangan memilih tanaman yang mahal jika dana Anda terbatas. Terlebih bila taman tersebut menggunakan jenis tanaman premium. Selain harganya mahal, ongkosnya tentu tidak sedikit.

Kedua, jangan salah memilih jenis tanaman karena akan membuat taman Anda tak bertahan lama. Misalnya, Anda memilih tanaman pegunungan sementara rumah Anda berada di perkotaan yang cuacanya panas. Tentunya, tanaman yang sudah Anda pilih ini berpotensi mati dan taman cantik yang Anda impikan pun tak akan pernah terwujud.

Kesalahan dalam memilih tanaman akan membuat proses renovasi terjadi berulang. Sebaiknya, pilihlah jenis tanaman yang sesuai dengan konsep dan kondisi lokasi taman Anda.

Hal serupa diungkapkan Fitri Yani, kontraktor sekaligus konsultan taman dari Fitri Jaya Pesona. Ia mengatakan salah satu faktor yang menguras biaya renovasi atau pembuatan taman adalah pilihan jenis pohon yang menghiasinya.

Untuk jenis bonsai berdiameter 100cm, harganya mencapai Rp900.000/buah, sedangkan untuk jenis tanaman peneduh seperti kamboja fosil—jenis batang berbonggol besar—harganya berkisar Rp7 juta—rp70 juta. Untuk menyiasatinya, Anda bisa memilih jenis tanaman murah, namun tetap memberi kesan indah pada taman Anda. Misalnya, dengan memilih jenis kamboja dalam pot atau kamboja bali. Fitri membuka jasa pembuatan taman untuk ukuran standar 3m x 3m harganya Rp2 juta—3 juta, sudah termasuk stepping stone, groundcover, dan beberapa tanaman semak. Untuk Anda yang memiliki dana terbatas, yang diperlukan adalah kreativitas Anda dalam merancang taman. Dengan bujet terbatas pun, taman Anda bisa tampil cantik, kok!

Tanaman penutup tanah ini memiliki beberapa jenis. Bila Anda menginginkan jenis taman indoor (dalam ruangan), maka kucai mini pilihannya karena ia bisa bertahan tanpa paparan sinar matahari. Berikut ini beberapa alternatif tanaman penutup tanah. • Rumput gajah mini mulai Rp25.000/m2. • Kucai mini Rp10.000/ polybag. • Rumput Swiss Rp30.000/m2.

ARIF BUDIMAN LOKASI KEDIAMAN RANNY DATU – RONNY HUTAHAYAN, KEMANG JAKARTA SELATAN RUMAHSABINE

FOTO DESAINER INTERIOR

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.