AGAR KOLAM SELALU BERSIH

Rumah - - LAPORAN UTAMA -

drainase

Banyak orang yang menganggap taman yang dilengkapi kolam itu mahal. Benarkah? Jawabannya bisa iya dan tidak. Secara logika, membuat taman ditambah dengan kolam, biayanya akan lebih besar dibanding hanya membuat taman. Tetapi, bukan berarti kita tidak bisa menekan harga taman yang dilengkapi kolam.

Taman yang berukuran 4m x 3m ini, contohnya, menghabiskan dana hingga Rp30 juta. Padahal, taman dengan desain ini masih bisa dibuat dengan harga Rp5 jutaan. Ini dikarenakan pemilik melakukan proses pembetonan pada bagian bawah kolamnya. Ada kekhawatiran bocor yang membuat kolam ini dibuat sekokoh mungkin. Apalagi, isi ikan di dalam kolam ini adalah ikan jenis koi. Tentunya, pemilik tak ingin mengambil risiko ikannya mati karena masalah pada kolamnya.

Di sisi lain, pemilihan ikan koi yang cenderung mudah mati jika hidup di air yang tidak bersih dan mengalir membuat pemilik rumah membeli mesin pompa dan filternya dengan teknologi mutakhir. Alhasil dananya membengkak. Nah, jika Anda ingin mendesain taman seperti ini namun bujet Anda terbatas, Anda tidak perlu melakukan proses pembetonan pada area bawahnya. Bahkan, setelah tanah digali, Anda bisa melapisinya dengan sejenis kain terpal, lalu memberinya plesteran semen.

Untuk jenis ikannya pun, Anda bisa memilih ikan yang lebih kuat dan tahan terhadap kondisi air apapun, misal ikan patin putih, sapu-sapu, lele putih. Ikan jenis ini dapat membersihkan kotoran di dalam kolam sehingga memungkinkan tidak perlu menggunakan filter. Jika menginginkan ikan sejenis koi, Anda bisa membeli ikan mas jenis kancra atau mas koki.tetapi jenis ikan mas memang rentan mati, sehingga Anda tetap harus menggunakan filter, walau jenis yang biasa saja.

Sementara, untuk jenis tanamannya, Anda bisa menanam tanaman yang sama seperti yang ada di taman ini, yaitu kalatea, pandan bali, imperialis, helikonia, palem kuning, aneka semak maranta, dan dracaena. Dengan begitu, tampilan taman ini menjadi semakin terasa kesan resornya.

meskipun pencahayaannya minim, taman ini tetap terlihat asri berkat sentuhan tanaman-tanaman tropis. Perhatikan saluran pada kolam tersebut. Idealnya, setiap minggu Anda membersihkan kolam tersebut. Untuk airnya, tak perlu dikuras habis. Cukup airnya dibuang setengahnya dan tambahkan air baru yang lebih bersih.

Tanaman berdaun lebar sejenis kalatea ini menjadi salah satu ciri taman tropis.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.