INSPIRASI 6

Rumah - - LAPORAN UTAMA -

Awalnya, taman di depan rumah ini hanya tertutup rumput gajah mini saja. Kondisi ini sama dengan perumahan pada umumnya yang dibuat pengembang. Dengan eksplorasi di semua aspek oleh penghuni rumah, taman mungil ini tampil cantik. Biaya renovasinya pun tak begitu besar.

Pagar kayu yang di- FINISHING cat duco warna putih tampak menarik perhatian pada taman ini. Walau secara fungsional pagar ini tidak terlalu berfungsi karena tingginya yang minim, mampu mempermanis tampilan taman yang serba hijau. Apalagi bentuknya yang meruncing ke atas. Perpaduan warna yang kontras dan bentuknya yang memikat membuat pagar menjadi elemen yang pas mempercantik taman ini.

Di depan pagar putih, terdapat batu alam yang disusun majumundur. Anda bisa menggunakan plesteran pada area bawah batu, tetapi bisa juga tidak. Dengan tidak menggunakan plesteran, Anda bisa menghemat. Toh, area ini juga tidak fungsikan sebagai jalan kaki.

Anda cukup memanfaatkan berat batu. Yang diperlukan adalah isi alas kerja untuk bagian batu yang majunya setinggi permukaan batu bawahnya dengan menggunakan tanah. Jangan lupa untuk memadatkan tanahnya terlebih dahulu agar tampilan batunya rata. Untuk kian mempermanis, Anda bisa tambahkan pot bunga.

Sementara, elemen softscape yaitu tanaman tampil bervariatif menghias taman ini. Tanaman semak jenis pisang-pisangan mengisi dinding pagar yang berbatasan dengan tetangga, groundcover diisi rumput gajah mini, dan beberapa tanaman menyebar di seantero taman. Ada yang dipot yang diletakkan di bawah dan ada yang menggantung di dinding rumah. Eksplorasi ini membuat taman mungil ini jadi terlihat lebih atraktif.

Jadi, jangan khawatir bereksperimen pada taman mini Anda, selama Anda tetap berpegang pada langkah-langkah renovasi taman, taman Anda pun bisa tampil cantik dan menarik.

Dinding depan rumah bisa Anda manfaatkan untuk menggantung jenis tanaman kecil seperti ini.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.