INSPIRASI 5

Rumah - - LAPORAN UTAMA -

Taman yang berada di belakang rumah ini dirancang lebih simpel dengan desain minimalis. Sebuah waterwall seluas 3m x 3m dihadirkan untuk memberi suasana tenang yang menyegarkan.

Menariknya, di taman ini terdapat tempat untuk menggantung tanaman dalam pot. Jenis tanaman gantung yang dipilih pun tak sembarang. Hanya yang memiliki karakteristik menjuntai ke bawah yang dipilih, seperti sirih gading. Sementara itu, tanaman lainnya yang mengisi taman ini adalah bambu air, vinca, dan melati jepang.

Pembuatan taman seluas 3,5m x 3m ini memakan biaya Rp6 juta. Biaya terbesar dihabiskan untuk membuat WATERWALL yang memakan bujet Rp5 juta. Namun, bila ingin menghemat biaya, Anda bisa menghilangkan atau mengurangi luas permukaan waterwall.

Selain itu, Anda dapat menggantinya dengan dinding batu alam. Dinding batu alam jenis andesit dan palimanan dikenakan biaya mulai dari Rp350.000/m. Biaya tersebut sudah termasuk ongkos pasang. Atau, bila Anda ingin menghadirkan gemericik air, bisa disiasati dengan air mancur mini dengan tinggi di atas 80cm. Harga dibanderol mulai dari Rp1,5 juta (sudah plus mesin).

media gantung ini sukses memberi kesan cantik ke dalam taman belakang ini. Tambahkan jenis tanaman yang Anda sukai dan beberapa tanaman rambat/ tanaman menjuntai ke bawah.

Area taman belakang yang dirancang dengan konsep minimalis. pemilik rumah menambahkan elemen waterwall untuk memberi suasana segar dan alami.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.