LANGKAH MENCEGAH KEBOCORAN PIPA

Rumah - - RUMAH SEHAT -

Kasus kebocoran pipa air sangat sering terjadi, hal yang perlu diperhatikan untuk mencegah kondisi ini adalah sebagai berikut. Gunakanlah produk pipa air berkualitas, baik kualitas materialnya maupun ketebalannya dan sesuai standar SNI (Standar Nasional Indonesia). Jangan tergiur dengan harga pipa yang murah, karena selisih biaya tidak sebanding dengan biaya perbaikan di kemudian hari. Pastikan pipa air disambung dengan benar dalam kondisi bersih dan kering pada saat pemasangan, terutama pada area sambungan dan belokan pipa. Gunakan jasa tukang pasang berpengalaman. Ketidaktelitian dan kecerobohan pekerja bangunan dalam memasang pipa air akan menyebabkan kebocoran di kemudian hari. Gambar instalasi air harus Anda miliki. Gambar diperlukan untuk mendeteksi jalur-jalur pipa/ saluran air apabila terjadi masalah di kemudian hari.

Sirkulasi udara yang buruk menjadi salah satu faktor pemicu masalah lembap di dalam rumah. Tetapi, bagaimana bila sirkulasi udara sudah baik, namun rumah masih terasa lembap? Bila demikian, bisa jadi letak permasalahan ada pada salah satu elemen konstruksi rumah Anda, misalnya dinding.

Ya, dinding menjadi salah satu bagian konstruksi yang paling mendominasi. Di dalam dinding ditanamkan sistem pemipaan yang berfungsi untuk menyalurkan air bersih dan membuang air kotor ke saluran pembuangan.

Sistem pemipaan yang tepat umumnya memiliki sambungan yang rapat dan kuat untuk mencegah kebocoran. Nah, bila sambungannya kendur, maka akan terjadi kebocoran di dalam dinding. Kebocoran inilah yang membuat hunian Anda menjadi lembap.

Lembapnya dinding ini akan berpengaruh kepada kesehatan penghuninya. Selain itu, lumut dan jamur pun memiliki kemungkinan untuk tumbuh di dinding-dinding rumah.

Indra Tjahyo Saputro, arsitek dari Sisiruang Studio, menuturkan biasanya pada saat membangun hunian dengan menggunakan jasa arsitek, gambar saluran distribusi air bersih maupun air kotor akan turut disertakan. Sehingga, pemilik rumah dapat mengetahui jalur pipa dan menemukan tanda-tanda kebocoran.

KETAHUI LOKASINYA DAN SEGERA PERBAIKI

Indra menuturkan untuk mengetahui letak kebocoran di dinding, langkah pertama adalah menutup semua keran yang ada di rumah. Kemudian, cek jalurjalur pipa pada gambar saluran distribusi air bersih maupun air kotor yang diberikan oleh arsitek. Bila Anda tak memiliki gambar tersebut, maka akan sulit mendeteksi letak kebocoran.

“Pekerja bangunan atau tukang yang berpengalaman pun akan kesulitan bila tidak ada gambar jalur instalasi air, sehingga waktu kerja yang diperlukan akan lebih banyak terbuang untuk mencari jalur pipa air,” ujar Indra.

Bila tidak ada gambar pemetaan jalur pemipaan, maka langkah yang dapat Anda lakukan adalah mendeteksi secara visual, yakni mencari area yang lembap atau basah di sekitar dinding. Ada beberapa tanda kebocoran pada dinding, yakni ada bagian dinding yang terlihat basah

ARIF BUDIMAN KEDIAMAN KEL. ONNA NASHIDIQ, BSD, TANGERANG SELATAN

FOTO LOKASI

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.