Genting Datar BENTUK BARU GENTING KERAMIK

Mengikuti tren dan perkembangan teknologi, genting keramik muncul dalam bentuk datar.

Rumah - - MATERIAL - TEKS TIYA SEPTIAWATI tiyaseptiawati@gmail.com

Dari sekian banyak pilihan material genting yang berada di pasaran, genting keramik ternyata masih memiliki daya tarik untuk digunakan sebagai penutup atap. Genting keramik merupakan genting pabrikasi yang dibuat oleh industri-industri besar. Bahan dasarnya terbuat dari tanah liat namun ditambahkan bahan aditif sehingga menjadi lebih kuat.

Namun, dari segi bentuk, minat konsumen terhadap genting keramik mengalami pergeseran. Dari bentuk keramik yang bergelombang, kini konsumen lebih menaruh hati pada genting keramik berbentuk datar.

Selain karena desainnya, genting datar berbahan keramik ini juga memiliki banyak kelebihan dibanding berbahan beton yang bergelombang maupun yang datar. Menurut John S.L. Chang, General Manager Kanmuri, genting beton datar yang prosesnya di- press ini punya beberapa kelemahan jika digunakan di daerah tropis yang curah hujannya tinggi.

Genting beton datar risikonya terhadap rembes lebih besar melalui celah di setiap sambungan. Selain itu karena proses pembuatannya di- press, tidak dibakar seperti genting keramik, genting beton lebih rawan terhadap tumbuhnya jamur. Selain merusak tampilan genting yang ditumbuhi jamur juga lebih berisiko terhadap rembes dan kebocoran.

John menambahkan, penggunaan genting keramik menurutnya sangat tepat digunakan untuk Indonesia yang notabenenya merupakan negara tropis, yang ditempa sinar matahari sepanjang tahun, diselingi dengan hujan berintensitas tinggi.

Selain itu, kehadiran genting keramik datar juga seakan menjawab permintaan konsumen akan sebuah genting yang tepat digunakan untuk rumah minimalis dan dapat meminimalisasi kebocoran serta rembes.

KETAHUI CARA PEMASANGANNYA!

Pemasangan yang benar dan cermat diperlukan untuk menjamin kesempurnaan genting. Demikian diingatkan oleh John. Genting keramik datar berglazur ini dapat dipasang di kemiringan 25⁰, di mana standar kemiringan untuk pemasangan genting biasa adalah 30o—40o. Dengan pemasangan di kemiringan 25⁰, tampilannya pun menjadi lebih landai. 4. nok 5. Jarak antara nok dan genting sebesar +/-90 mm sehingga tidak terjadi tampias

Syarat maksimal bentang (lebar) atap untuk pemasangan dengan kemiringan 25⁰ adalah 6m. Kanmuri Full Flat juga dapat dipasang dengan kemiringan 90° setinggi dinding (hal yang tidak mungkin dilakukan untuk genting biasa). Untuk pemasangan dengan kemiringan 90° ini, genting harus dipaku agar tak jatuh. Tersedia lubang paku di setiap genting Kanmuri Full Flat yang terletak di bagian tanggul yang tertinggi sehingga tak menjadi sarana masuknya air.

Selain keunggulan dalam fungsi, sebagai pelindung bangunan (dari bocor, panas, dan lembap), Kanmuri Full Flat dengan pilihan warnanya memberi estetika pada bangunan sesuai selera pemilik bangunan. Desain flat- nya yang menarik, memberi visual yang bersih (karena bisa dipasang tanpa semen), rapi, dan eksklusif. “Dipakai sekali untuk selamanya,” ujar John, memastikan bahwa warna genting tidak akan pudar dan genting dijamin tak retak selamanya.

Glazur pada genting ini membuatnya tak berpori sehingga tak memungkinkan ditumbuhi lumut. Menjaga kebersihan dan merawatnya pun sangat praktis, ketika kotor tinggal disiram air dan kotoran pun terangkat dengan mudah.

TEKNOLOGI TANPA SEMEN

Kanmuri juga memperkenalkan sistem cement free atau pemasangan tanpa semen yang dapat membuat atap bernapas. Umumnya, area karpus nok yang menggunakan material semen mudah retak, bocor, kotor dan sulit dibersihkan. Dengan sistem ini hanya memerlukan komponen tambahan, yaitu ridge tree dan ridge beam di bawah nok dan tidak memerlukan adukan semen lagi sehingga pemasangan mudah dan cepat serta hemat biaya, waktu dan tenaga.

Ya, genting ini memang memiliki sistem pemaku yang mudah, sehingga anti-jatuh. Jadi, apapun model atap Anda, genting ini siap menjawab tantangan. Untuk harga, genting ini di kisaran harga Rp11.000-an per kepingnya.

DOK. KANMURI

Keterangan Foto 1. reng teratas 2. Ridge tree/ menara nok 3. Ridge beam overlap

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.