TIP

Rumah - - JALAN-JALAN -

Untuk masalah penginapan, Anda tak perlu khawatir. Ada dua pilihan menginap di tempat ini. Pertama, Anda menginap di rumah warga. Anda harus membayar tarif sekitar Rp350.000 per rumah. Kedua, Anda dapat memilih tinggal di resor di atas laut. Resor di sini sangat unik, berupa rumah-rumah pantai dan rumah “apung” yang berlokasi di atas laut. Sementara untuk harganya, Anda harus merogoh kocek Rp660.000 hingga Rp900.000/ malam untuk kapasitas 3-4 orang.

Selain penginapan, penduduk sekitar juga menyediakan jasa penyewaan transportasi untuk sepeda dan sepeda motor dengan harga negosiasi.

Tahukah anda?

Tak hanya wisatanya yang beraneka ragam, di tempat ini pun kekayaan alam Indonesia berupa suku berdampingan tinggal di pulau yang cantik ini, antara lain Dayak, Banjar, dan Bajau. Uniknya, suku Bajau ini masih keturunan asli dari Kepulauan Sulu di Filipina. Mata pencaharian utama sebagian besar masyarakat Pulau Maratua adalah nelayan. Pulau Maratua masih bagian dari perairan Kepulauan Derawan yang termasuk Coral Triangle. Wilayah segitiga ini merupakan salah satu dari sedikit perairan yang memiliki populasi keragaman laut yang paling kaya di dunia. Kekayaannya termasuk terumbu karang, ikan-ikan karang, termasuk beberapa spesies dilindungi seperti penyu dan kepiting kelapa.

kapal cepat merupakan transportasi utama yang bisa membawa anda berkeliling antar-daratan di kepulauan derawan.

Jika Anda berkunjung ke tempat ini, bawalah beberapa buah plastik klip yang anti-air agar barang-barang berharga Anda, seperti dompet, HP, kamera, tidak rusak saat bersentuhan dengan air. Selain itu, bawalah uang tunai yang cukup ke tempat ini sebab tak ada akses ke mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM).

Letak daya tarik Pulau Maratua adalah air lautnya yang jernih dan suasana pantai yang masih alamiah.

Sumber: www tanjungbatuderawan com

Pulau Maratua terletak di Laut Sulawesi, merupakan salah satu pulau terluar Indonesia di Provinsi kalimantan Timur.

Sumber: www.maps.google.com

ini menunjukkan betapa kecilnya Titik merah di bagian atas peta satu sudut kalimantan. Bentuknya pulau ini dibandingkan salah Maratua namun sebenarnya daratan memang seakan memanjang, yang terbalik. hanya seperti huruf u tak sempurnya

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.