Mendesain Rumah Plus TEMPAT usaha

Rumah - - KONSULTASI -

TBapak Wijoyo yang terhormat. Saya pembaca setia RUMAH dan penyuka rubrik yang Bapak asuh. Bapak, saya berniat konsultasi. Mohon bantuannya. Saya akan membangun rumah di lahan berukuran 15m x 22,5m. Rumah itu akan saya gunakan sebagai tempat usaha sekaligus tempat tinggal. Adapun ruang yang saya perlukan adalah sebagai berikut. Lantai dasar 1. Showroom 2. Kamar mandi 3. Ruang tamu Lantai 1 1. Kamar tidur sebanyak 4 ruang 2. Ruang keluarga 3. Ruang baca Lantai 2 1. Kamar pembantu 2. Kamar mandi 3. Ruang cuci/jemur Di bagian fasad rumah saya akan memasang shop sign berukuran lebar 10m dan tinggi 5m. Saya mohon bantuan dari Pak Wijoyo untuk membuatkan desain yang pas untuk rumah tinggal saya ini. Terimakasih banyak Pak Wijoyo atas bantuannya. Salam Indra, Pekanbaru

JBapak Indra Yth. Terima kasih untuk kiriman pertanyaannya. Pertanyaan yang Anda kirimkan ini sangat unik dan berbeda dari pertanyaanpertanyaan yang sebelumnya pernah saya terima. Namun informasi, data, dan kebutuhan yang Anda berikan sangat terbatas dan menimbulkan banyak pertanyaan balik dari saya. Sayangnya, di rubrik ini kita dibatasi tidak bisa berdiskusi.

Lahan rumah Anda cukup luas. Jika ingin dirancang seperti keinginan Anda, akan banyak ruang yang kosong jadinya. Sulitnya, saya juga tidak bisa mengarang bebas untuk menyarankan atau menambahkan ruang-ruang lainnya. Oleh sebab itu, nanti Anda akan melihat pada gambar bahwa saya menyiapkan ruang terbuka, yang mana apabila Anda membutuhkan ruangan lagi, ruang terbuka tersebut dapat Anda manfaatkan menjadi ruangan tambahan, dengan memasang dinding ringan atau dinding kering ( dry wall) seperti menggunakan papan gipsum atau GRC.

Pada lantai dasar ini, Anda inginkan menjadi ruang pamer atau show room. Tentunya ini akan menjadi ruang yang cukup luas, bahkan bisa menjadi ruang pamer mobil. Tetapi, karena Anda berencana tinggal di rumah ini, maka saya buatkan sebuah garasi untuk 2 mobil, mengingat masih cukup luasnya ruang ada. Untuk parkir kendaraan tamu pun, sudah cukup menampung setidaknya 6 mobil di carport area.

Garasi juga saya manfaatkan sebagai pintu masuk samping yang bisa langsung mengakses lantai 1, atau lantai pribadi keluarga Anda, tanpa perlu melewati area ruang pamer. Dengan posisi langsung mengarah ke tangga, Anda akan dengan mudah menuju ke lantai 1 dan 2.

Saya agak ragu-ragu mengenai ruang tamu yang Anda minta, karena pengertiannya bisa berarti ruang penerima tamu atau ruang tidur tamu? Ruangan tersebut agar bisa berfungsi keduanya, ruangan saya letakkan di sisi kanan. Manakala itu berfungsi sebagai ruang penerima tamu showroom, ruangan tersebut akan seperti ruang tamu eksekutif. Namun, bila itu manjadi ruang tidur tamu, misalkan tamu adalah orang tua atau kerabat anda, tetap akan nyaman, meski agak terpisah dengan lantai 1.

Di lantai 1, karena lebar lahan cukup luas, maka 4 ruang tidur yang Anda minta bisa saya letakkan semua di depan. Sebetulnya, bisa juga ditambahkan balkon, namun karena anda akan meletakkan sign board, maka balkon akan menjadi tidak berguna.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.