MENAIKKAN NILAI SENI RUMAH

Rumah - - SERAMBI - dian.kardha@gramedia-majalah.com @dekardha Made Mardiani Kardha Editor in Chief

Rumah yang ditinggali, pasti memiliki ciri khas pemiliknya. Sekalipun kita membeli dari pengembang yang memaksa kita menerima desain buatan mereka, tak mungkin tidak ada sentuhan kita sebagai pemilik. Karena mendapat sentuhan yang sangat khas itulah yang membuat rumah memiliki nilai seni.

Kita sebagai pemilik tentu ingin rumah kita memiliki nilai seni yang tinggi. Ada kebanggaan ketika tampak depan terlihat asri atau bagian dalam terasa nyaman. Merenovasi rumah, jamak dilakukan untuk memberikan sentuhan di sana-sini, demi menaikkan derajat keindahannya.

Namun, kebanyakan orang masih lebih senang mengutak-utik bangunan dan isinya. Coba kali ini alihkan fokus pada taman. Sekecil apapun, taman adalah aset berharga bagi tampilan rumah. Hamparan rumput hijau, ditambah pohon dengan daun rindang, yang ditingkahi bebungaan dengan warna merona, dijamin dapat meningkatkan nilai seni rumah Anda.

Yang juga tak kalah penting dibandingkan tampilan segarnya, taman bisa digunakan sebagai ekstensi area santai di dalam rumah. Di tengah keterbatasan lahan yang membuat mengecilnya area santai atau area berkumpul di dalam rumah, taman menjadi unsur penting. Di saat tertentu, area ini dapat mengemban tugas menjadi tempat duduk-duduk. Di saat itu juga, taman bisa jadi satu-satunya tempat di rumah yang memungkinkan kita menikmati pandangan luas. Sehingga di rumah dengan lahan sempit, di situlah kita harus merelakan sebagian lahannya untuk taman, bukan malah menghabisinya, dan menutupnya dengan lapisan beton.

FOTO YANNIS RUDOLF PRATASIK LOKASI KEDIAMAN AKSANUL PUTRA-IKA TENTRI LISNIASARI, ALAM SUTERA, TANGERANG KONTRAKTOR TAMAN FITRI JAYA PESONA DESAIN KAVER M. ILHAM YASSIR

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.