MENCIPTAKAN KAMAR ANAK TRENDI DAN AMAN

Tampil cantik dan menarik bukan berarti mengesampingkan faktor keamanan. Perlu perencanaan yang baik untuk mewujudkan kamar trendi yang aman untuk anak.

Rumah - - LAPORAN UTAMA - TEKS EMILIA NURIANA emilia.nuriana@gramedia-majalah.com FOTO JOU ENDHY PESUARISSA

Dunia anak sangat lekat dengan aktivitas belajar, bermain, dan mengasah kreativitas. Semua kegiatan tersebut dilakukan anak baik di luar maupun di dalam rumah. Karena itulah anak memerlukan suasana yang nyaman untuk menunjang proses perkembangannya, termasuk pada kamar anak. Namun kini, mendesain kamar anak bukan cuma soal ruangan yang nyaman. Kamar anak juga didesain dengan dekorasi yang trendi agar tampil menarik.

PENGAPLIKASIAN MESTI TEPAT

Lincoln Bong, Creative Director dari konsultan desain kamar anak Kids Republik mengatakan desain trendi pada kamar anak tidak ada salahnya, asalkan pengaplikasiannya yang tepat. Saat ini tersedia banyak sumber yang bisa dijadikan inspirasi ketika mendesain kamar anak. Agar mendapatkan desain yang pas, Lincoln menyarankan untuk menyesuaikan antara kebutuhan, keinginan anak, serta keadaan ruangan. “Gender, usia, serta jumlah anak yang akan menempati kamar juga akan berpengaruh pada pilihan desain dan tema,” kata Lincoln.

Jika anak sudah bisa diajak berdiskusi, maka sebaiknya Anda mengajak anak untuk memilih tema kesukaannya. Dengan begitu anak akan merasa nyaman dan senang ketika menempati kamar miliknya. Bila sudah ada tema khusus, menurut Lincoln proses mendesain kamar anak akan lebih mudah. “Pilihan warna, bentuk, dan aksesori dekorasi lainnya tinggal mengikuti tema saja,” ucap Lincoln.

Setelah tema, langkah selanjutnya adalah menentukan tata letak atau layout. Lincoln mengatakan tidak ada ketentuan khusus yang harus diikuti. Semuanya tergantung kondisi dan ukuran ruangan. Pengaturan tata letak ini juga dipengaruhi ukuran furnitur yang akan melengkapi kamar.

JANGAN LUPAKAN KEAMANAN

Jika bicara desain pasti tidak lepas dari tren yang ada. Desain interior dengan sentuhan Scandinavian dan warna monokrom yang sedang tren belakangan ini rupanya juga muncul pada desain kamar anak. Menurut Lincoln, desain ini banyak digunakan karena furnitur dan perniknya yang mudah ditemui dan mudah diaplikasikan. “Tampilannya juga lebih clean, sehingga banyak orang yang suka,” kata Lincoln.

Tapi menurut Lincoln, desain kamar anak tidak melulu mengikuti desain interior pada umumnya. Banyak kliennya yang menginginkan desain khusus pada kamar anaknya. Desain khusus ini tercermin dari bentuk furnitur yang dibuat secara khusus ( custom) untuk membuat bentuk yang sesuai keinginan pemilik. Lama kelamaan, bentuk furnitur custom ini bukan tidak mungkin menjadi produk massal lalu menjadi tren tersendiri karena banyak orang yang meminatinya.

Mendesain kamar anak juga tidak terlepas dari aspek keamanan. Pemilihan material seperti cat, penutup lantai, wallpaper, hingga finishing perlu menjadi perhatian. Lincoln menyarankan penggunaan material tanpa racun ( non toxic) pada kamar anak. Penggunaan tambahan pengaman di alat listrik, penutup sudut runcing pada furnitur, dan pengunci lemari serta jendela juga jangan sampai terlewatkan.

Jadi sudah siap mendesain kamar anak? Simak tip serta inspirasinya pada laporan utama kali ini.

LOKASI KEDIAMAN GANNON JUSTICE-YOCI INDAH SARI, APARTEMEN CASABLANCA, JAKARTA SELATAN

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.