ANAK NYAMAN DAN AMAN UKURAN

Ukuran furnitur serta penataan yang tepat, memiliki pengaruh besar dalam keamanan dan kenyamanan di kamar anak.

Rumah - - LAPORAN UTAMA - TEKS EMILIA NURIANA emilia.nuriana@gramedia-majalah.com FOTO JOU ENDHY PESUARISSA

Membuat desain kamar anak bukan cuma soal dekorasi yang menarik dan trendi. Kamar anak juga perlu didesain sedemikian rupa untuk menunjang tumbuh kembang anak. Di sinilah aspek ergonomis perlu Anda pertimbangkan ketika menata kamar anak.

Enira Arvanda, dosen mata kuliah ergonomis Departemen Arsitektur Interior Universitas Indonesia mengungkapkan ruangan yang ergonomis berarti menciptakan ruangan agar penggunanya merasa nyaman. “Kenyamanan ini dirasakan mulai dari mata hingga indera lainnya,” kata Enira. Ia menambahkan, untuk membuat kamar anak yang ergonomis tidak cukup soal tata letak di ruangan. Ada beberapa aspek lain yang perlu diperhatikan yakni mulai dari ukuran, pilihan material, tata letak, suhu, hingga kebersihan.

Untuk menciptakan kamar anak yang nyaman juga perlu mempertimbangkan usia. Menurut Enira, desain kamar anak usia sekolah tentu berbeda dengan bayi hingga balita. “Perbedaan ini menyangkut aspek pengamanan dan pilihan desain yang bisa menstimulasi perkembangan otak anak sesuai usianya,” ucap Enira.

Kenyamanan saat berada di kamar dipengaruhi oleh ukuran kamar serta furnitur yang ada di dalamnya. Sesuaikan ukuran furnitur dengan luas kamar yang tersedia. Dengan begitu kamar anak tidak akan terasa sempit dan penataan furnitur akan lebih mudah.

Kini banyak juga orang tua yang menggunakan furnitur berukuran mini yang dibuat khusus untuk anak. Penggunaan furnitur khusus anak ini akan membuat anak lebih aman ketika duduk atau belajar. Tapi Enira menyarankan untuk memilih furnitur khusus anak yang ukurannya sudah memenuhi standar keamanan. Karena jika salah desain, furnitur tersebut lama-kelamaan akan memberikan pengaruh pada kenyamanan dan kesehatan anak. Jangan lupa, lindungi anak dari risiko terbentur sudut tajam furnitur dengan meletakkan pengaman di tiap sudut furnitur.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.