AGAR BATU ALAM

Rumah - - MATERIAL -

Keindahan batu alam juga bisa terancam dengan kehadiran lumut dan jamur. Batu alam merupakan elemen bangunan yang cukup sering terpapar sinar matahari sekaligus kelembapan, mulai dari air hujan hingga rembesan air. Oleh karena itu, para pecinta batu alam perlu mengetahui perawatan yang tidak hanya cepat, tapi juga tepat.

Penggunaan coating khusus batu alam memang bisa melindungi batu dari pengereposan akibat paparan cuaca . Namun bagaimana dengan lumut dan jamur yang terlanjur sudah tumbuh di permukaan batu alam? Anda bisa menggunakan cairan pembersih lumut untuk menghilangkan lumut dan jamur pada batu alam.

Bahan pembersih ini digunakan untuk mengangkat dan mematikan lumut dan jamur, ganggang, spora, dan kotoran lainnya yang menempel pada batu alam. Penggunaannya sangat mudah. Untuk batu lama yang telah berlumut, kerok dahulu lapisan lumut menggunakan kape, kemudian sikat batu. Siram batu dengan semprotan air bertekanan tinggi, sampai bersih.

Ulaskan cairan pembersih lumut dengan kuas atau spray sampai merata di seluruh permukaan batu. Diamkan selama kurang lebih 16 jam agar larutan bekerja maksimal membunuh jamur dan lumut. Siram kembali dengan semprotan air untuk membersihkan sisa larutan.

Sementara untuk batu baru yang belum berlumut, siram batu dengan air bersih. Kemudian , campurkan cairan pembersih lumut dengan air, lalu sapukan secara menyeluruh dengan kuas. Bila sudah kering, lapisi batu dengan coating. Cairan pembersih lumut dapat dibeli di beberapa supermarket bangunan dengan harga sekitar Rp34.000/kg.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.