Bangun Rumah Plus Tempat usaha

Rumah - - KONSULTASI -

Kepada Yth. Bapak Wijoyo di Tempat Salam kenal ya Pak. Saya ingin berkonsultasi dengan Bapak terkait desain rumah yang akan saya bangun.

Saya punya tanah dengan berukuran 12m x 17m (luasnya 204m2). Rencananya, tanah tersebut akan saya dirikan rumah sekaligus tempat usaha (toko). Kebetulan, tanah saya juga berada di hoek dan perempatan jalan. Jadi, ini aset yang baik menurut kami.

Hanya, saya bingung menentukan desain ruang, sehingga akhirnya melayangkan surat ke Bapak. Saya bingung meletakkan pintu masuk ke dalam rumah, termasuk menentukan lokasi ruko yang tepat.

Di sisi lain, karena dana yang saya miliki terbatas, saya menginginkan rumah satu lantai yang simpel saja. Saya juga belum ada niatan dan rencana untuk meningkat, jadi layout ruang ini akan menjadi desain final.

TUntuk desain ruangnya, saya menginginkan ruangruang di dalam rumah saya dirancang multifungsi dan dengan konsep terbuka. Ini untuk memudahkan saya mengatur ruang, karena saya memiliki keluarga besar yang sering berkunjung ke rumah. Adapun ruang yang saya butuhkan adalah sebagai berikut. 1. Kamar tidur utama. 2. Kamar tidur anak (2 buah). 3. Kamar tidur utama. 4. Kamar mandi. 5. Ruang tamu. 6. Ruang keluarga. 7. Ruang makan. 8. Dapur. 9. Tempat cuci, jemur dan setrika. 10. Musala dan tempat wudhu. 11. Garasi. 12. Gudang. 13. Toko (jika memungkinkan menghadap ke

barat). Terima kasih atas bantuannya Talita Kramatjati, Jakarta Ibu Talita Yth, Terima kasih atas kiriman pertanyannya.

Untuk tanah yang merupakan hoek, selalu harus diperhitungkan sebagai rumah yang memilki dua muka. Jadi, desain rumahnya harus memberikan ruang terbuka di kedua sisinya. Demikian juga untuk rumah Anda ini, harus ada ruang terbuka di sisi yang menghadap selatan maupun barat.

Untuk menentukan dan memberikan luasan ruang standar, saya bisa memperkirakan luasan masing-masing ruang. Namun, untuk luasan toko, saya hanya bisa memperkirakan sebagai sebuah ruang kosong, karena Anda tidak memberikan keterangan lebih spesifik peruntukkan tokonya: apakah akan dijadikan toko sandang pangan, toko furnitur, atau toko lainnya.

JDemikian juga dengan garasi, apakah yang Anda maksud hanya berupa carport atau garasi tertutup. Karena, sering terjadi perbedaan interpretasi antara garasi dan carport. Namun, untuk di rumah ini, saya desainkan garasi tertutup. Jika yang Anda butuhkan ternyata carport, ruang garasi tersebut dapat dijadikan sebagai toko.

Dengan pertimbangan terbatasnya ruang yang ada, saya menyarankan untuk membuat satu ruang keluarga yang juga berfungsi sebagai ruang tamu. Tujuannya, agar ruang di rumah Anda menjadi lebih luas. Jika Anda menginginkan ruang tamu dan ruang keluarga terpisah, ini akan membuat rumah Anda lebih sempit. Ruang keluarga ini juga saya buat dengan konsep terbuka dan menyatu dengan ruang makan dan dapur. Jadi, jika Anda mengadakan acara keluarga, ruang ini bisa menjadi sebuah ruang yang terbuka.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.