9 TIP AGAR RUMAH CEPAT LAKU

Penampilan yang menarik saja tidak cukup untuk membuat rumah cepat laku. Ikuti trik berikut agar rumah cepat laku dengan harga yang sesuai.

Rumah - - HALAMAN DEPAN - TEKS EMILIA NURIANA emilia.nuriana@gramedia-majalah.com

Menjual rumah agar cepat laku dengan harga yang sesuai bisa dibilang gampang-gampang susah. Memperbaiki penampilan rumah dan gencar berpromosi saja kadang tidak cukup untuk membuat rumah laku terjual. Nah, agar rumah Anda segera laku, kali ini RUMAH memberikan 9 tip yang bisa Anda ikuti. Selamat mencoba!

1 Renovasi

Langkah penting sebelum menawarkan rumah Anda adalah melakukan renovasi. Hal ini penting dilakukan karena akan berpengaruh pada harga jual rumah dan ketertarikan calon pembeli. Usahakan rumah yang akan dijual sudah bebas masalah, seperti bocor. Renovasi yang paling mudah adalah dengan mengecat ulang bagian depan rumah (fasad).

2 kesan Yang Baik

Kesan pertama yang baik sangat diperlukan ketika calon pembeli mengunjungi rumah yang Anda jual. Kesan pertama ini biasanya didapat dari penampilan depan rumah (fasad), taman, dan ruangan di dalamnya. Bila rumah masih berpenghuni, usahakan rumah dalam keadaan rapi dan bersih. Dengan begitu calon pembeli merasa nyaman dan makin berminat membeli.

3 harga Yang WAJAR

Harga menjadi faktor utama seseorang ketika melakukan pertimbangan sebelum membeli rumah. Berikan harga yang sesuai dengan kondisi fisik bagunan, kelengkapan dokumen, dan lokasi hunian. Anda bisa mengecek kisaran harga wajar di lokasi rumah Anda dari media cetak maupun situs properti.

4 agen PROPERTI

Menggunakan jasa agen properti bisa jadi pilihan untuk memudahkan Anda menjual rumah. Agen properti akan membantu mencarikan calon pembeli potensial karena memiliki jaringan khusus untuk penjualan rumah. Pastikan Anda memilih agen properti yang memiliki kredibilitas dan rekam jejak yang baik.

5 Foto Yang menarik

Bila Anda memasarkan rumah lewat brosur maupun internet, foto jadi bagian terpenting. Tampilkan foto yang jelas dan tidak menipu. Pastikan rumah yang Anda jual tampak menarik.

6 Tonjolkan kelebihan

Sebutkan nilai lebih dari rumah yang Anda jual ketika berpromosi. Sebutkan status legalitas dokumen dari rumah, luas tanah dan bangunan, jumlah kamar, lokasi serta fasilitas pendukung di sekitar rumah.

7 Tawarkan ke orang Terdekat

Proses menjual rumah akan lebih mudah bila Anda menjualnya ke orang yang sudah dikenali. Sebelum menawarkan ke masyarakat umum, Anda bisa menawarkan ke kerabat, teman, dan tetangga. Bila berhasil Anda akan mendapat beberapa keuntungan. Anda jadi tidak perlu repot dan mengeluarkan biaya untuk berpromosi, serta proses transaksi cenderung lebih aman dan terjamin.

8 Promosi Di media

Anda bisa memasang iklan baris di media cetak ataupun situs properti. Pastikan Anda beriklan di media yang sudah memiliki kredibilitas dan memiliki pembaca maupun pengunjung situs yang banyak. Saat beriklan, sajikan informasi yang lengkap dan kontak yang jelas agar calon pembeli tidak kesulitan ketika menghubungi Anda.

9 hadiah

Untuk menarik minat calon pembeli, Anda bisa menawarkan hadiah pada pembeli. Hadiah ini bisa berupa bonus perabotan yang Anda berikan secara cuma-cuma atau dengan harga khusus yang sudah termasuk dalam harga rumah.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.