PINTU DIGITAL UNTUK RUMAH

Kini, membuka pintu laiknya membuka pin di smartphone Anda. Lebih mudah, namun privasi tetap terjaga.

Rumah - - HALAMAN DEPAN - TEKS SELVIA MARTIANI selvia@gramedia-majalah.com

Cukup usap, masukkan kata kunci, klik, pintu rumah Anda pun sudah terbuka. Tak perlu membawa kunci lagi. Semudah membuka kata sandi di smartphone Anda, kan? Kemudahan inilah yang ditawarkan pintu digital.

Sistem pintu digital sebenarnya sudah diperkenalkan sejak beberapa tahun silam. Bila Anda sering menonton film atau drama seri dari barat, Jepang, atau Korea, Anda pasti pernah melihat apartemen dengan sistem pintu digital. Ya, awalnya, sistem ini memang diperkenalkan untuk hunian di apartemen, perkantoran, hotel, dan gedung-gedung tinggi lainnya.

Kini, pintu digital sudah merambah ke pasar yang lebih luas. Anda yang tinggal di hunian tapak pun bisa menikmati kemudahan pintu digital ini. Selain lebih mudah, sistem ini melindungi hunian dari bahaya perampokan.

“Banyak konsumen kami yang menggunakan pintu digital karena sangat mudah dan praktis, serta memiliki tingkat keamanan tinggi,” ucap Rullyansyah, Regional Manager Kunci Pintu Digital (Locta Digital Security System).

KUNCI BERUPA PIN DAN KARTU

Rully menjelaskan kepraktisan yang ditawarkan pintu digital menghindari pemilik rumah dari risiko kehilangan kunci pintu. Pasalnya, teknologi pintu digital membuat pintu dapat dibuka dengan hanya menggunakan pin.

Hal ini membuat anggota keluarga tak perlu lagi menduplikat kunci. Selain itu, Anda juga dapat membuka pintu dengan hanya sebuah kartu mini yang sekali ditempelkan, pintu bisa langsung terbuka. Kartu ini dapat Anda tempelkan di smartphone atau benda apa pun yang sering Anda bawa.

“Kita menyediakan kunci Rfid yang kita namakan Smart Tag. Bentuknya kecil dan bisa kita tempelkan pada smartphone yang sehari-hari bisa kita bawa,” ujar Rully, sapaan karibnya. Menariknya, beberapa distributor seperti Kunci Pintu Digital memiliki fitur yang dapat mengganti atau mereset kartu dan pin kapan pun tanpa melalui pihak ketiga.

ANTISIPASI KEBAKARAN DAN PENCURIAN

Pintu digital menjamin hunian Anda tetap Aman. Pasalnya, pengoperasian mesin pintu harus melalui master pin, yang hanya diketahui pemilik rumah. Selain itu, peranti ini dilengkapi dengan material yang cukup kuat, yakni dilapisi baja, baik dari sisi depan maupun belakang. Sehingga, siapa pun yang ingin membongkarnya akan mengalami kesulitan. Bahkan, di dalam fitur pintu ini juga terdapat menu untuk mengantisipasi bahaya kebakaran dan pencurian.

“Bila terjadi kebakaran, di dalam kunci digital sudah dilengkapi dengan sensor api di bagian mesin belakang. Sehingga, jika terjadi kebakaran dan mesin menangkap panas 40 derajat , maka pintu akan terbuka secara otomatis,” ujar Rully.

Kehadiran fitur sensor api mempermudah aksi evakuasi di kala kebakaran. Namun, bila mesin bagian depan (bagian yang menghadap ke luar rumah) dibakar maka pintu tidak akan terbuka. Sensor api hanya bisa menangkap panas dari dalam ruangan.

Sementara itu, dalam hal keamanan, produk pintu digital umumnya telah dilengkapi dengan fitur alarm. Sehingga, bila salah menekan pin sebanyak 5 kali berturut-turut, maka alarm akan berbunyi. Pemilik rumah bisa menekan pin kembali setelah 2 menit. Hal ini dimaksudkan untuk mengantisipasi aksi coba-coba membuka pin. Selain itu, alarm juga akan berbunyi nyaring bila pintu dibongkar atau dibuka secara paksa.

WWW.FREEIMAGES.COM

Beragam model produk pintu digital yang dikeluarkan oleh Locta.

Cara membuka bila baterai sudah melemah. Gunakan baterai ukuran 9V dan tempelkan di 2 lubang yang tersedia di bodi pintu digital.

Untuk rumah tapak, penggunaan pintu digital dapat ditempatkan di akses pintu utama atau pintu kamar utama.

Model pintu digital dengan tombol.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.