SAYEMBARA DESAIN HOMESTAY NUSANTARA 2016

Rumah - - YANG BARU - Rahma Yulianti

Sayembara Desain Homestay Nusantara 2016 mulai memasuki fase akhir. Sayembara yang berhasil mengumpulkan 728 karya arsitektur ini telah selesai mengalami penjurian oleh dewan juri yang diketuai oleh Yori Antar dan beranggotakan Eko Alvarez, Endy Subijono, Bambang Eryudhawan, Hari Sungkari, Herry Purnomo, dan Dharmali Kusumali.

Sayembara yang berhadiah total Rp1 miliar ini merupakan kerja sama antara PT Propan Raya dengan Kementrian Pariwisata dan Badan Ekonomi Kreatif. Para peserta dapat memilih membangun homestay (rumah wisata) di 10 destinasi wisata unggulan Indonesia, yakni Danau Toba Sumatera Utara, Tanjung Kelayang Bangka Belitung, Tanjung Lesung Banten, Kepulauan Seribu DKI Jakarta, Borobudur Jawa Tengah, Bromo Tengger-semeru Jawa Timur, Mandalika Lombok NTB, Labuan Bajo-flores NTT, Wakatobi di Sulawesi Tenggara dan Morotai di Maluku.

Menurut Ketua Dewan Juri, Yori Antar, sayembara ini bisa banyak memberi inspirasi terhadap pengembangan homestay di destinasi wisata. ”Sayembara ini luar biasa. Banyak entry yang masuk. Sangat merata wilayahnya, mencakup 10 destinasi wisata nusantara yang tersebar di Indonesia. Sebagai juri, saya merasakan seperti sedang liburan, traveliing ke daerah-daerah pedalaman dan melihat begitu banyak inspirasi yang bisa digali dari kelokalan setempat. Saya sepakat bahwa pariwisata indonesia harus berbasis kelokalan,” ungkapnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.