MONOKROM TAPI TAK MONOTON

Walaupun hanya dipenuhi dengan warna-warna monokrom, rumah ini tetap tampil menawan, tidak monoton.

Rumah - - RUMAH KITA - TEKS TIYA SEPTIAWATI tiyaseptiawati@gmail.com FOTO JOU ENDHY PESUARISSA

Setelah memutuskan untuk hijrah dari apartemen ke rumah tapak, pasangan suami-istri ini memiliki keinginan serius untuk mendadani rumah mereka. Tak lain, karena mereka ingin memberikan hunian ternyaman untuk buah hatinya yang saat itu baru saja lahir.

Agar tak salah pilih tema, mereka pun memikirkan konsepnya. Dari berbagai sentuhan tema yang berseliweran di media, hanya ada satu tema yang membuat Rahmat Syahrullah (29) dan Rizkyna Alamanda Siregar (28) ini jatuh hati. Monokrom. Konsep interior dengan perpaduan hitam putih ini dianggapnya dapat memberikan kesan tenang, bersih, dan lapang ke dalam hunian mereka yang mungil.

BERBURU FURNITUR

Dominasi hitam dan putih pun dipilih untuk mewarnai rumah seluas 200m2 ini. Setelah menentukan tema yang cocok, Rahmat dan Nanda, sapaan akrabnya, mulai berburu pernakpernik pengisi interiornya.

Perburuan pun dilakukan dengan cara datang langsung ke toko. Namun, beberapa furnitur tidak sesuai dengan yang mereka mau. Di sinilah keduanya mulai mengalami kesulitan. Tak banyak toko aksesori lokal yang menjual perlengkapan interior dengan dominasi warna hitam dan putih.

Alhasil, kebanyakan pengisi interior di hunian mungil ini merupakan hasil perburuan online. “Ada beberapa furnitur yang ukurannya kebesaran, jadi aku mesti beli custom dan pesan online biar ukurannya sesuai dengan ruang di rumahku,” ujar ibu dari Rafandra Arkaan Syahrullah ini.

MEMASUKKAN UNSUR KAYU

Sentuhan monokrom pada rumah yang baru ditinggali tahun 2016 ini terlihat sangat tegas di berbagai ruang. Namun, agar tidak terlihat monoton, Nanda memberikan sentuhan lainnya, yaitu dengan memasukkan unsur kayu ke dalam ruangan.

Sebuah rak buku yang dibeli di Ikea diletakkan di ruang keluarga atau ruang favorit yang biasa dijadikan Nanda dan suami bersenda gurau bersama anaknya. Tak hanya itu, kabinet TV juga bermaterial kayu jati yang guratannya dibiarkan begitu saja.

Selain hitam dan putih, Nanda juga memasukkan palet warna monokrom lainnya, yaitu abu-abu pada furnitur dan karpet. Tema monokrom yang diusung pada rumah ini juga semakin diperkuat dengan beberapa dekorasi interior pada dinding. Perpaduan yang pas antara tema, furnitur, dan dekorasi ruang pun menghasilkan suasana interior yang nyaman untuk keluarga ini.

Ruang keluarga yang tampil sederhana hanya dengan penggunaan karpet ini jadi terlihat lebih luas. Ruangan ini juga kerap dijadikan area bermain Arkaan, anak mereka.

Area depan kamar mandi juga tak luput dari sentuhan dekorasi. Area ini dijadikan Nanda sebagai tempat untuk meletakkan handuk dan beberapa aksesori lainnya.

Ruang makan ini bersebelahan langsung dengan area dapur bersih. Cat warna putih dipilih agar ruangan terlihat bersih.

Lemari pakaian yang menyatu dengan meja rias ini sengaja tertutup agar terlihat rapi.

kamar tidur utama juga tak lepas dari sentuhan monokrom.

inilah kebersamaan Rizkyna Alamanda Siregar bersama buah hatinya, Rafandra Arkaan Syahrullah (10 bulan) ketika di rumah.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.