BERAPA WATT KEBUTUHANNYA?

Rumah - - INTERIOR - KOLABORASI DESAIN

Endrawan Nimpuno, Associate Director BC+A Ateliers yang juga seorang konsultan pencahayaan interior mengatakan, elemen pencahayaan pada dapur dan ruang makan biasanya terdiri dari dua jenis. Elemen pencahayaan tersebut adalah general lighting dan task lighting. “Ada juga lampu dekoratif sebagai penghias dapur,” kata Endrawan.

Senada dengan Endrawan, Steven Tanzil, desainer interior dan tata cahaya dari Koerie Design juga mengatakan pentingnya kolaborasi kedua jenis lampu tersebut. General lighting adalah lampu utama dengan sudut sinar yang lebar sehingga tidak menyorot ke satu objek saja. Menurut Steven, saat ini warna lampu yang diminati untuk dapur dan ruang makan lebih ke arah putih yang hangat ( warm white). “Sepintas warna cahaya ini agak kekuningan, sehingga timbul kesan hangat dari dapur dan ruang makan,” kata Steven.

KEAMANAN YANG TERPENTING

Sementara itu, task light atau lampu tambahan berfungsi untuk menyinari bagian tertentu dari dapur. Keberadaan

sangat penting karena dapur erat dengan kegiatan yang memerlukan ketelitian seperti memasak dan memotong bahan makanan.

Task light biasanya dipasang pada bagian bawah kabinet sehingga akan langsung menerangi bagian meja dapur, tempat kegiatan dapur berpusat. Anda bisa mengaplikasikan sistem hidden lamp atau lampu tersembunyi pada sela kabinet untuk task light. Dengan begitu tampilan lampu akan lebih rapi dan indah.

Penempatan task light pada dapur dengan meja island sedikit berbeda dari dapur model lainnya. Sebaiknya lengkapi meja island dengan lampu gantung yang menyorot sinar ke bagian atas meja. Kebutuhan watt lampu untuk dapur dan ruang makan akan bergantung dari seberapa luas ukuran ruangan tersebut. Secara rata-rata, kebutuhan watt di ruang dapur dan ruang makan adalah 9-12 watt untuk general light dan ukuran 4-14 watt untuk task light.

Endrawan mengatakan tata cahaya pada dapur dan ruang makan tidak terlepas dari desain interior yang ada. Beda desain, tentu beda pula tata cahaya serta jenis lampu yang digunakan. Ia mencontohkan ketika desain klasik sedang tren, banyak ruang makan yang menggunakan lampu gantung jenis chandelier sebagai lampu dekorasi. Tapi sekarang jenis lampu tersebut sudah jarang digunakan karena tren desain sudah bergeser ke desain yang lebih modern.

“Lampu dengan sentuhan desain industrial saat ini diminati,” ujar Endrawan. Pemilihan jenis lampu ini juga bergantung dari ukuran dapur dan ruang makan yang tersedia. Sedangkan soal warna cahaya, menurut Endrawan saat ini tren masih tetap pada warna-warna yang hangat karena bisa menimbulkan suasana yang rileks.

ADELINE KRISANTI KEDIAMAN PRIMADHIANTO DAN DITA KUSUMA, FATMAWATI, JAKARTA SELATAN

FOTO LOKASI Lampu tersembunyi pada bagian belakang kabinet memberikan kesan dramatis pada dapur.

Salah satu contoh pengaplikasian task light dengan sistem hidden lamp.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.