TIP PILIH LAMPU LED

Rumah - - INTERIOR - KONSISTENSI WARNA KONSISTENSI PERFORMA EFIKASI COLOR RENDERING

Lampu LED banyak digunakan karena lebih hemat energi. Banyaknya merek yang menawarkan lampu jenis LED terkadang membuat konsumen bingung harus memilih yang mana. Berikut ini Endrawan Nimpuno memberikan beberapa tip seputar memilih lampu LED yang berkualitas.

Konsistensi warna diperlukan bila Anda hendak menggunakan beberapa buah lampu LED dengan warna yang sama. Lampu LED yang berkualitas akan memiliki warna cahaya yang konsisten dan sama satu sama lain.

LED yang berkualitas tidak bergetar ketika dinyalakan. Getaran lampu LED berkualitas buruk akan memengaruhi kualitas cahaya. Getaran ini juga berbahaya untuk kesehatan mata.

Efikasi dari lampu LED biasanya tertera pada kemasan lampu. Efikasi adalah kuatnya sinar yang jatuh dalam satuan meter persegi. Istilah ini juga sering disebut sebagai lumen. Efikasi lampu LED yang disarankan adalah sebesar 75 watt/m2.

Kualitas lampu LED juga diukur dari seberapa baik lampu ini menampilkan warna asli dari suatu benda. Kemampuan color rendering ini biasanya hanya diperlukan di tempat tertentu misalnya pabrik tekstil dan laboratorium.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.