MATERIAL SEMUA SERBA-EKSPOS

Material unfinished atau ekspos kini semakin populer dan digemari masyarakat. Coba saja tengok sejumlah restoran, kafe, dan rumah terkini. Sebagian besar materialnya ditampilkan secara ekspos baik pada dinding, lantai, dan plafonnya.

Rumah - - LAPORAN UTAMA - TEKS GRACE ELDORA graceldora@gmail.com

Aplikasi material ekspos pada bangunan semakin ngetren dan digandrungi banyak orang. Walau terkesan belum jadi, nyatanya tak menyurutkan banyak orang untuk jatuh hati dengan material ini. Alasannya karena material ini memberi poin natural pada hunian. Misalnya saja dinding kayu atau furnitur ekspos yang masih terlihat jelas serat kayunya akan terlihat alami pada bidang dan sudut rumah. Ada yang mengaplikasikan material ini pada sebagian bidang rumahnya, tetapi banyak juga yang mengaplikasikannya di seluruh bidang. Di 2017 mendatang, aplikasi material ekspos pun diprediksi akan terus menjadi tren desain rumah terkini.

Menurut arsitek Novriansyah Yakub dari biro Atelier Riri, konsep ekspos semakin digemari banyak orang karena memberi kesan unik. “Selain itu, walau tampilannya terlihat seperti belum jadi, aplikasi ekspos pada bangunan tetap mampu memberi kesan mewah, alami, dan berkarakter,” ucapnya.

Di sisi lain, tuntutan akan proses pengerjaan rumah yang lebih cepat, baik saat membangun atau merenovasi, dengan biaya yang relatif lebih rendah juga dapat diakomodir jika memilih material ekspos. Anda seolah tak memiliki kewajiban untuk membuat finishing, walau beberapa elemen tetap membutuhkan finishing dalam bentuk coating, seperti dinding semen ekspos.

Menariknya lagi, material ekspos ini tak hanya diaplikasi pada bangunan, melalui dinding, lantai, plafon, tetapi sudah masuk ke ranah interior. “Sekarang, material ini mulai di- switch jadi sesuatu yang menarik dan lebih FRESH. Bisa muncul dalam furnitur, elemen dekoratif, atau aksesori interior lainnya,” ujar arsitek yang kerap dipanggil Riri ini.

Bahkan, kualitasnya pun semakin baik dengan adanya label hijau atau ramah lingkungan. “Sekarang material mulai punya label, misalnya kayu yang atau semen berlabel hijau,” ujar Riri. Lantas, material apa saja yang akan banyak diekspos?

JOU ENDHY PESUARISSA MAPLE & OAK BRUNCH AND COFFEE, MENTENG, JAKARTA PUSAT

FOTO LOKASI

Temu KANGEN

DESAIN FURNITUR

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.