SEMEN

Rumah - - LAPORAN UTAMA -

Aplikasi semen ekspos pada bangunan, baik yang sifatnya publik ( kafe, resto, villa) ataupun privat (rumah), semakin menjamur. Bahkan, tren mengaplikasi semen ekspos ini akan tetap berlanjut di tahun mendatang. Satu hal yang menarik dari aplikasi semen ekspos pada bangunan adalah material ini dapat melebur dengan konsep desain apapun. Mulai dari desain minimalis, modern, rustik, industrial, etnik, dan lain sebagainya.

Bagi Anda yang ingin mengaplikasi semen ekspos di rumah, masalah yang sering menimpa adalah retak rambut. Salah satu penyebab adalah proses pengaplikasian yang kurang tepat. Hal yang dapat Anda lakukan untuk meminimalisir ini adalah pastikan plesteran pada pemasangan batu bata kering dulu. Ini agar tak terjadi dinding ngompol dan retak rambut.

Pembuatan adonan plesterannya pun tak boleh sembarangan. Pastikan proses pembuatan adonan sesuai dengan komposisinya, terutama jika Anda menggunakan semen konvensional, karena terkait dengan perbandingan pasir dan air. Plesteran dinding harus diaplikasi secara rata. Pastikan plesteran dinding kering sebelum dilakukan proses pengacian. Jangan lupa, untuk meng- coating- nya agar rumah Anda tak berdebu.

YANNIS RUDOLF PRATASIK LOKASI RUBIACEAE ARTISAN COFFEE, KEMANG, JAKARTA SELATAN

FOTO

DESAIN FURNITUR

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.