HEMAT WAKTU dengan SETRIKA UAP

Benarkah dengan menggunakan setrika uap, proses menyetrika jadi lebih cepat dan mudah? Lalu, seperti apa hasilnya jika menggunakan alat ini?

Rumah - - PERANTI -

Kegiatan menyetrika merupakan salah satu pekerjaan rumah tangga yang cukup melelahkan. Apalagi, jika pakaian yang disetrika tidak kunjung halus dan rapi, sehingga harus digosok berulang kali. Idealnya, pakaian yang disetrika hingga rapi itu cukup digosok 1-2 kali. Jika lebih dari itu, bisa menguras tenaga. Tak hanya itu, pakaian yang tidak kunjung rapi juga membuat waktu pengerjaan jadi lama. Tentunya, ini menjadi tidak efektif dan efisen.

Padahal, banyak ibu masa kini memiliki tingkat kesibukan dan mobilitas yang cukup tinggi. Kondisi, ini dapat menghambat berbagai aktivitas lainnya, baik yang berhubungan dengan pekerjaan rumah tangga atau dengan aktivitas di luar rumah, seperti kumpul dengan teman, arisan, dan lain sebagainya.

Jika tidak disetrika pun, bukan menjadi solusi. Ada banyak orang yang enggan dan merasa tidak percaya diri untuk keluar rumah hanya karena pakaian yang dikenakan tidak rapi atau kusut. Ini menunjukkan bahwa setiap orang membutuhkan setrika. Tetapi, setrika jenis apa yang seharusnya Anda pilih?

Untuk menjawab permasalahan di atas, RUMAH akan membahas setrika yang membuat Anda nyaman dan tidak melelahkan. Setrika ini bukan hanya menghembuskan panas, tetapi menghasilkan pengerjaan yang lebih cepat, lebih rapi, dan lebih maksimal dibanding setrika konvensional atau disebut setrika kering. Jenisnya adalah setrika uap.

HALUS CEPAT DENGAN UAP

Setrika uap merupakan teknologi inovasi yang menggabungkan udara panas dengan air yang akan menghasilkan uap. Nah, uap inilah yang nantinya akan masuk ke Oxone OX-839 Jenis garment iron Daya 1000 watt Tangki air 2,5 L Harga Rp990.000 TEKS WINDA DEWANTARY arwinda@gramedia-majalah.com FOTO I GEDE YOGA DHARMA LAKSANA serat-serat kain sehingga kain akan lemas dan membuatnya lebih mudah disetrika. Menurut Khalik Azhar, Head of Trainer Philips, uap ini akan meresap lebih cepat ke dalam pakaian dibandingkan menggunakan setrika kering. “Setrika ini memiliki waktu pengerjaan 3 kali lebih cepat, dan mampu meringankan kinerja serta menghemat waktu,” ucap Khalik.

Dibandingkan setrika kering yang hanya mengandalkan panas dari listrik, setrika uap ini memiliki teknologi boost yang berfungsi menghasilkan hembusan, yaitu mengubah air dan panas menjadi uap. Beberapa jenis setrika uap memiliki kemampuan hembusan yang berbeda-beda, berkisar 60140 gram, tergantung tipenya. Selain itu, setrika ini juga memiliki tangki air dengan isi yang berbeda pula, ada yang 145-300 ml.

HANYA BESAR DI AWAL

Dibandingkan dengan setrika kering, setrika uap terbilang memakan daya yang cukup besar, Sudah menggunakan setrika uap tetapi pakaian tetap kusut? Di mana kesalahannya? Salah satu penyebabnya adalah jenis pakaian yang Anda setrika tidak sesuai dengan petunjuk indikatornya. Banyak orang yang malas untuk mengubah atau menyesuaikan suhu panas dengan kain yang akan disetrika. Padahal, tiap kain memiliki daya serap panas yang berbeda-beda. Ini yang membuat pakaian tetap kusut. Selain itu, proses pengerjaannya tidak searah atau tidak berpola, yang membuat pakaian tetap kusut. Kirin KEI500ST Jenis steam iron Daya 550 watt Harga Rp140.000 yaitu sekitar 400-2400 watt. Namun, Anda tidak perlu khawatir dengan masalah ini. Daya sebesar itu sebenarnya hanya menyerap pada saat pertama kali penggunaaan, yaitu proses memanaskan saja. Setelah itu, daya akan turun.

Untuk daya yang berada di kisaran 400 watt akan turun menjadi 180 watt, sementara yang 2.400 watt akan turun menjadi 800 watt. “Jadi, menggunakan setrika uap ini juga hemat energi. Apalagi, dalam proses pengerjaannya bisa menghemat waktu 3x dari setrika kering. Panasonic NI-E200T Jenis steam iron Daya 350 watt Tangki air 200ml Harga Rp299.000 Philips Model GC506 Jenis garment iron Daya 1.500 watt Daya tahan uap 30gr Tangki air 1,2 L Harga Rp1.985.000 Hetian Travel Iron Jenis steam iron Daya 700 watt Praktis, dapat dilipat Harga Rp120.000

WWW.PHILIPS.COM

WWW.AMAZON.COM

WWW.ALFACART.COM

Jenis Daya 1.400 watt Uap terus menerus 20gr Dorongan uap 70gr Tangki air 200ml Harga Rp511.000

WWW.TOKOPEDIA.NET WWW.AMAZON.COM

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.