RAHASIA PENYIMPANAN SEHAT DI DAPUR

Ada kabinet bawah ada pula kabinet atas. Lalu, di manakah idealnya kita menyimpan perlengkapan masak, peranti dapur, dan bahan makanan? Di kabinet atas atau kabinet bawah? Yuk, kita ulik penyimpanan yang tepat di dapur.

Rumah - - RUMAH SEHAT - TEKS SELVIA MARTIANI selvia@gramedia-majalah.com

Ukuran rumah yang semakin kecil otomatis membuat ukuran dapur pun ikut menciut. Bila Anda suka memasak, maka PR Anda adalah bagaimana membuat tempat penyimpanan yang efektif untuk menyimpan peralatan memasak di dapur. Salah satu siasatnya, para desainer interior atau pembuat kitchen set selalu membuat dapur yang dilengkapi kabinet atas dan kabinet bawah sebagai area penyimpanan.

Namun, area penyimpanan saja tak cukup, Anda perlu metode penyimpanan yang tepat. Pasalnya, barang atau persediaan bahan makanan yang tidak disimpan dengan baik akan membuat kualitas barang atau bahan makanan tersebut rusak. Selebriti chef, Rinrin Marinka, mengungkapkan kabinet atas dan kabinet bawah dibuat untuk mengemban fungsi yang berbeda.

Umumnya, kabinet bawah digunakan untuk menyimpan benda yang gampang diraih, misalnya pisau, garpu, plastik, sendok, panci, dan lainnya. Sementara itu, kabinet atas berfungsi untuk meletakkan barang yang jarang digunakan, seperti peranti dapur ( air friyer, blender), dan persediaan bahan makanan. Untuk bumbu masak, sebaiknya ditempatkan di rak terpisah dan letaknya dekat dengan kompor, sehingga mudah diraih saat meracik masakan.

“Selain lebih gampang diraih saat memasak, bumbu masakan yang ditempatkan di rak terpisah juga membuat kita selalu mengecek bumbu apa saja yang masa kedaluwarsa sudah habis,” ujar koki yang pernah menjadi juri di Master Chef Indonesia ini.

Penyimpanan yang benar tak hanya membuat proses memasak jadi lebih efektif, tetapi juga membuat kita selalu waspada: mana bahan makanan yang sudah memasuki kedaluwarsa dan mana yang belum, serta membuat barang tertata dengan rapi dan gampang diraih.

Lalu, seperti apakah tip penyimpanan yang tepat? Berikut kami beberkan rahasianya untuk Anda.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.