KOKEDAMA BOLA TANAMAN PENGHIAS RUMAH

Tren bukan hanya milik interior dan arsitektur semata. Tanaman pun punya tren, salah satunya adalah kokedama.

Rumah - - EKSTERIOR - TEKS RAHMA YULIANTI rahma@gramedia-majalah.com FOTO YOGA DHARMAWASANA, YANNIS RUDOLF PRATASIK

Manusia sejatinya adalah makhluk yang mencintai dan membutuhkan hijaunya tanaman. Karena itu, berbagai cara membawa kehijauan di setiap tempat terus menerus dicari. Terbatasnya lahan bukan halangan. Beberapa teknik menanam di lahan mungil pun dikembangkan, mulai dari hidroponik hingga kokedama.

Ya, kokedama mulai popular sebagai salah satu cara menghijaukan rumah mungil. Kokedama ini adalah seni menanam tanaman pada bola lumut yang berasal dari Jepang. Seni ini merupakan turunan dari teknik menanam bonsai, yakni nearai, teknik menanam tanpa menggunakan pot. Perawatan dan pembuatan bonsai yang mahal membuat masyarakat kelas menengah di Jepang mencari upaya lain. Terciptalah kokedama.

Kokedama sempat digemari masyarakat Negeri Matahari Terbit di tahun 1600-an, lalu kemudian menghilang karena perubahan zaman. Dua tahun belakangan ini, kokedama kembali populer, karena masyarakat mulai gemar menghijaukan interior rumahnya.

Kini TAK Hanya Lumut

Nama kokedama sendiri berasal dari bahasa Jepang, koke yang berarti lumut dan dama yang berarti bola. Sesuai namanya, awalnya kokedama terdiri atas tanaman yang ditanam pada campuran tanah liat, lumut, dan pupuk yang dibentuk seperti bola.

Namun karena lumut terkesan kotor dan butuh usaha ekstra untuk menemukannya, orang-orang di beberapa kota di Indonesia pun mulai mencari media tanam baru untuk kokedama ini. Hadirlah kokedama dengan media tanam yang berasal dari sekam. Media tanam ini juga dibentuk bundar seperti bola lalu diikat dengan menggunakan jalinan tali. Menurut Nelza Yesaya dari Emillie Garden, pembuat kokedama, walaupun terlihat rapuh karena terbuat dari sekam, kokedama ini tak mudah hancur karena ada jalinan erat tali yang menjaganya.

Tanaman indoor

Nelza yang juga ahli lansekap ini mengatakan tanaman apapun sebenarnya bisa ditanam di kokedama. Namun karena umumnya kokedama ini diletakkan pada interior rumah, maka tanaman yang cocok adalah tanaman-tanaman yang tak terlalu butuh air seperti tanaman kaktus, lidah mertua, atau tanaman sekulen lainnya. Tanaman lainnya yang dapat digunakan adalah tanaman berdaun yang bisa hidup di dalam ruangan seperti monstera, sirih gading, lili paris, philodendron, dan sebagainya. Namun, karena ukuran bola kokedama tak terlalu besar—hanya sebesar batok kelapa—, tanaman yang dipilih biasanya bukan tanaman yang dapat tumbuh besar.

Karena ukurannya yang kecil dan bentuknya yang menarik, kokedama sering dijadikan tanaman untuk mempercantik ruangan mungil. Anda bisa meletakkannya di meja, rak,

KOLEKSI: LIVING WITH LOF, JL. JUNAIDI NO 2A, CIPETE, JAKARTA SELATAN EMILLIEGARDEN EMILIE GARDEN,

ig:

Kokedama pun bisa digantung.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.