AGAR TAK SALAH Memilih Gipsum

Berbagai merek gipsum membanjiri pasar. Hal ini tentu membuat pembeli semakin memiliki banyak pilihan untuk menentukan gipsum yang sesuai dengan keinginan. Namun, banyaknya gipsum yang beredar juga membuat pembeli bingung mana gipsum yang berkualitas.

Rumah - - MATERIAL BOBOT RINGAN KUAT TIDAK BERONGGA PERMUKAA - TEKS TIYA SEPTIAWATI tiyaseptiawati@gmail.com FOTO AMARULLAH

Anda tentu sudah tak asing lagi dengan material papan gipsum, bukan? Ya, papan gipsum memang bukanlah “barang baru”, sejak dulu material ini dikenal sebagai material subtitusi menggantikan dinding konvensional yang umumnya terbuat dari bata merah ataupun beton ringan.

Bobotnya yang ringan, fleksibel, tahan terhadap api dan suhu lembap serta pemasangannya yang cepat membuat material ini menjadi primadona di industri bahan bangunan. Popularitas papan gipsum ditandai dengan semakin banyaknya merek papan gipsum yang bermunculan di pasaran. Mereka seolah berlomba-lomba merebut minat masyarakat dengan tampilan dan kualitas gipsum yang terbaik.

Nah, agar Anda tak terkecoh, ada trik memilih papan gipsum yang berkualitas. Simak ciri-ciri gipsum berkualitas yang diambil dari wawancara dengan Suwarso Saputro, System Development Supervisor Jayaboard, salah satu produsen gipsum.

Cat dapat diaplikasikan ke berbagai material dinding. Salah satunya adalah gipsum. Sama seperti pengaplikasian di tembok, cat juga tidak akan lepas dari kerusakan saat diaplikasikan di gipsum. Penyebab dari mengelupasnya cat gipsum adalah aplikasi compound gipsum atau penyambung gipsum yang salah. Cat tersebut mengelupas karena cat menempel pada debu dari sisa ampelasan compound gipsum.

Ciri lain yang menjadi penanda jika gipsum tersebut memiliki kualitas yang baik adalah tidak ada rongga atau lubang pada permukaannya. Lalu ketika gipsum dipegang, tidak ada kotoran yang membekas di tangan. Pastikan permukaan papan gipsum bebas dari segala bentuk cacat, seperti retak atau gumpalan. Kondisi permukaan papan gipsum yang rata dan mulus berpengaruh terhadap kualitas material sehingga kuat dan tahan lama.

Aplikasi compound gipsum di atas permukaan yang salah juga akan mengakibatkan hal yang sama. Contohnya adalah pada bagian kertas gipsum. Pengaplikasian yang terlalu tipis juga akan membuat cat mengelupas.

Untuk mencegahnya, gunakan compound gipsum atau perekat gipsum pada sambungan gipsum saja. Pastikan permukaan kering, bersih, dan bebas dari debu sisa ampelas compound gipsum. Untuk bobot yang baik memiliki Gipsum yang setebal 9mm papan gipsum ringan. Idealnya, Bobot yang lebih dari 15kg. berbobot tidak saat kemudahan pada ringan akan memberi di lapangan. dan instalasi pemasangan proses langit-langit dipasang pada Apalagi, jika gipsum sebagai plafon.

Kuatnya gipsum menjadi salah satu tanda gipsum yang berkualitas. Papan tidak mudah patah atau retak saat terbentur benda tumpul. Papan gipsum juga stabil ketika digunakan sebagai dinding atau partisi ruangan. memperbaikinya, ada beberapa hal yang harus Anda lakukan. Yang pertama adalah kerok seluruh lapisan cat yang mengelupas sampai permukaan gipsum. Kerok lebih luas dari permukaan yang mengelupas.

Setelah itu aplikasikan wall sealer dan biarkan hingga kering selama kira-kira 30 menit. Setelah itu, perbaiki dan ampelas permukaan hingga rata. Bersihkan permukaan gipsum dari hasil pengampelasan. Setelah itu, aplikasikan kembali wall sealer lalu biarkan kering. Setelah itu, aplikasikan cat yang berkualitas sesuai dengan penempatannya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.