Bangun Rumah DI LAHAN HOEK

Rumah - - KONSULTASI -

TAssalamualaikum Wr. Wb. Kepada Yth. Pak Wijoyo. Saya mohon bantuan dan saran dari Bapak. Saya akan membangun rumah di lahan hoek dengan proses pembangunan secara bertahap. Saya ingin betuk rumah yang berventilasi cukup serta ada taman di dalam rumah. Saya mengharapkan ruang tamu tidak terlalu besar dan halaman di area depan saya harapkan masih tersisa banyak untuk sebuah kolam serta gazebo. Ruang-ruang yang saya butuhkan adalah sebagai berikut. 1. Teras depan 2. Ruang tamu 3. Ruang keluarga 4. Ruang tidur utama dengan kamar mandi dalam 5. Dua buah ruang tidur anak 6. Ruang tidur pembantu 7. Ruang makan 8. Dapur 9. Gudang 10. Ruang servis 11. Carport Atas saran dan bantuannya saya ucapkan terimakasih. Aditya Irviano Assalamualaikum Wr. Wb. Pak Aditya, terima kasih untuk pertanyaannya.

Seperti yang sudah-sudah, bahwa rumah hoek memiliki peraturan pembangunan dan pengembangan yang berbeda dengan rumah di lahan kebanyakan. Rumah hoek memiliki dua sisi muka yang menghadap ke jalan, sehingga peraturan Garis Sempadan Bangunan (Gsb)-nya pun akan mengikuti dua sisi bangunan tersebut.

Batas GSB antara bagian depan dan bagian samping bisa sama, namun bisa juga berbeda. Tergantung, dari kelas dan lebar jalan di depan dan samping rumah Anda.

Untuk rumah Anda, saya mengasumsikan bahwa jalan di samping rumah lebih “kecil” daripada jalan di depan rumah. Sehingga, saya bisa mengembangkan sampai batas

J3m dari badan jalan. Dengan demikian, saya bisa menambahkan di bagian kanan ruangan-ruangan baru yang Anda inginkan. Di bagian depan, saya letakkan ruang tidur utama beserta kamar mandi pribadi. Sengaja kamar mandi saya letakkan di bagian terdepan berdinding solid dengan maksud sebagai “bumper” atau pelindung untuk ruang tidur utama. Ya, dinding akan melindungi dari sorotan lampu kendaraan pada malam hari yang datangnya dari arah berlawanan jalan rumah Anda. Dengan demikian, ruang tidur utama Anda akan lebih terlindung.

Pada dinding pembatas ruang tidur utama dengan dapur, saya sarankan Anda untuk meletakkan sebuah lemari penuh dari lantai hingga menyentuh plafon. Ini untuk menahan hawa panas dinding dapur agar tidak terbawa ke ruang tidur Anda.

Di belakang atau samping ruang tidur utama, saya letakkan dapur. Dapur juga memiliki pintu masuk dari luar, yang sekaligus dapat berfungsi sebagai pintu masuk samping dari rumah Anda. Dengan memiliki pintu sendiri, kegiatan masak-memasak dan keluar masuk dari samping rumah akan lebih mudah.

Sisi bagian kiri rumah yang telah ada 2 ruang tidur tidak mengalami perubahan, namun saya tambahkan di bagian belakang sebuah gudang kecil dan tangga servis yang tersembunyi di balik dinding. Gudang menempati ruangan di bawah tangga dan ruang tidur pembantu di atasnya.

Pada lantai 2 rumah, Anda hanya merupakan ruang servis yang terdiri dari ruang tidur pembantu, kamar mandi pembantu, ruang cuci dan jemur, serta ruang setrika. Ruang servis yang letaknya di belakang ini akan tidak terlihat dari arah depan maupun samping.

Untuk bentuk rumah, saya berikan bentuk yang sederhana

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.