Bantuan uang Muka rumah untuk Pns

Kabar baik bagi Anda para PNS. Memiliki rumah impian kini semakin mudah dengan adanya bantuan uang muka rumah khusus PNS. Perumahan uang Muka BERSUBSIDI

Rumah - - HALAMAN DEPAN - TERGANTUNG GOLONGAN

Nilai uang muka yang tinggi kerap kali menjadi halangan utama ketika berencana membeli hunian. Meski banyak promosi keringanan uang muka yang ditawarkan dari pengembang maupun bank, masih banyak masyarakat yang belum memanfaatkannya. Padahal bila Anda memenuhi salah satu syarat penting, yakni memiliki pendapatan tetap, rencana membeli rumah bisa diwujudkan dengan lebih mudah. Termasuk untuk Anda yang bekerja sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Pemerintah mencatat ada jutaan PNS yang belum memiliki rumah sendiri. Menjawab permasalahan ini Badan Pertimbangan Tabungan Perumahan PNS (Bapertarum-pns) memberikan program bantuan untuk perumahan bagi PNS. Dana bantuan ini berasal dari dana yang ditabung oleh PNS lewat iuran perumahan.

Besaran Bantuan Uang Muka (BUM) ini bisa berbeda-beda, tergantung dari golongan PNS tersebut. Makin rendah golongan PNS maka semakin rendah besaran bantuan uang muka yang bisa didapatkan. PNS golongan I mendapat dana BUM sebesar Rp1,2 juta, PNS golongan II mendapat dana BUM sebesar Rp1,5 juta, dan Rp1,8 juta untuk PNS golongan III. Sedangkan PNS golongan IV tidak bisa mendapatkan dana BUM.

Selain BUM, PNS juga bisa mendapatkan tambahan bantuan uang muka yakni dengan mengikuti program Tambahan Bantuan Uang Muka (TBUM). Akan tetapi dana TBUM ini harus dikembalikan lagi. PNS diperbolehkan mencicil pengembalian dana TBUM maksimal selama 15 tahun. Adapun dana TBUM nilainya cukup besar yakni Rp20 juta, sama rata untuk PNS dari golongan I hingga IV. Jadi buat Anda yang PNS segera manfaatkan program ini ya! Perumahan yang bekerja sama dalam program Bantuan Uang Muka ini tersebar di berbagai wilayah di Indonesia, diantaranya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.