RUMAH SPESIAL UNTUK KELUARGA

Mementingkan kenyamanan bukan berarti membuat rumah ini tidak tampak indah. Berkat kolaborasi yang baik antara arsitek dan pemilik rumah, terciptalah rumah spesial ini.

Rumah - - RUMAH KITA - TEKS EMILIA NURIANA emilia.nuriana@gramedia-majalah.com FOTO JOU ENDHY PESUARISSA

Rumah selalu menjadi tempat untuk pulang, melepas penat, dan berkumpul bersama keluarga tercinta. Karena itu suasana yang nyaman di dalam rumah menjadi sangat penting. Begitu juga bagi sang pemilik rumah di kawasan Grand Wisata, Bekasi ini. Ia sengaja menggunakan jasa arsitek untuk mendesain rumahnya ini agar mendapat suasana yang nyaman dengan interior yang sedap dipandang.

Adalah Nurrizka, arsitek dari Va’astu Arsitektur Studio yang dipilih untuk merenovasi rumah ini. Ika, begitu arsitek ini akrab disapa, mengatakan proses renovasi rumah ini berjalan cukup lancar karena sang pemilik rumah langsung merasa klop dengan desain yang diajukan Ika. “Pemilik rumah sudah melihat beberapa desain saya yang diliput RUMAH dan merasa cocok dengan desain impiannya,” ucap Ika.

Usut punya usut, rupanya pemilik rumah sengaja memakai jasa arsitek karena rumah ini ingin dibuat spesial untuk keluarga. “Pemilik rumah telah beberapa kali punya rumah dan rumah ini ingin ia desain sebagus mungkin untuk kumpul keluarga,” kata Ika. Oleh sebab itu, fokus utama dari renovasi rumah ini adalah ruang-ruang untuk berkumpul keluarga, yakni ruang tamu dan ruang keluarga.

KENYAMANAN YANG UTAMA

Tone warna hangat menjadi identitas utama dari ruangan di rumah ini. Ika mengolaborasikan warna putih, cokelat muda, hingga cokelat keemasan pada elemen interior seperti sofa, gorden, dan warna cahaya lampu. Ada pula aksen warna kontras yang Ika aplikasikan di beberapa sudut ruang diantaranya pada stool, kap lampu, dan kabinet dapur. “Warna kontras ini bertujuan agar ada sedikit variasi sehingga tampilannya tidak membosankan,” ungkap Ika.

Soal furnitur, di rumah ini Ika sengaja memilih furnitur berukuran besar. Hal ini ia lakukan karena pemilik rumah memiliki jumlah anggota keluarga yang banyak. “Buat apa pakai ukuran kecil dengan niat menghemat ruang tapi ternyata jadi tidak nyaman digunakan,” ujar Ika. Menurut arsitek yang berkantor di Depok ini, nilai fungsional dari furnitur jadi nilai yang paling ditonjolkan untuk menciptakan kenyamanan suasana rumah.

Saat renovasi Ika tidak banyak melakukan perubahan

Ruang tamu didominasi oleh warna cokelat keemasan. Pemilik rumah menginginkan suasana yang hangat sekaligus kesan mewah ketika pertama masuk ke ruang tamu ini.

Ruang keluarga menyambung dengan inner court. Ditambah elemen kaca pada panel TV, membuat ruangan ini tampak semakin luas.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.