TIDUR NYENYAK DENGAN CAHAYA YANG TEPAT

Tidak perlu banyak titik lampu. Suasana temaram akan meningkatkan kualitas tidur Anda.

Rumah - - INTERIOR - TEKS EMILIA NURIANA emilia.nuriana@gramedia-majalah.com FOTO JOU ENDHY PESUARISSA

lamp

Tidur yang berkualitas jadi impian banyak orang. Terlebih bagi para pekerja yang sibuk, tidur berkualitas sangat dibutuhkan agar produktivitas tetap terjaga dan aktivitas berjalan lancar. Karena itu, ruang tidur tidur haruslah dibuat senyaman mungkin agar tidur berkualitas bisa tercapai.

Banyak penelitian mengatakan tidur akan lebih berkualitas bila seseorang tidur dalam keadaan lampu dimatikan. Tapi suasana yang dirasakan sebelum tidur atau saat lampu masih menyala juga cukup berpengaruh pada kualitas tidur. Seperti yang ditemukan dari penelitian mengenai efek temperatur warna cahaya terhadap kualitas tidur, yang dikutip dari www.academia. edu, Effect of Color Temperatur of Light Source on Slow Wave Sleep, Universitas Kyushu. Dalam penelitian itu disebutkan warna cahaya redup pada ruang tidur akan membuat kualitas tidur lebih baik dibandingkan warna cahaya yang cerah di ruang tidur. Paparan warna cahaya ini rupanya memiliki kaitan dengan banyaknya produksi hormon melatonin, hormon yang memengaruhi kualitas tidur.

Senada dengan penelitian tersebut, Steven Tanzil, desainer interior dan pencahayaan, Koeriedesign menyarankan untuk meletakkan titik lampu sesedikit mungkin pada ruang tidur. “Ruang tidur itu ibaratnya sebuah sanctuary bagi pemilik rumah untuk melepas segala penatnya jadi suasana nyaman dan romantis harus ada di ruang tidur,” kata Steven.

Dari segi pencahayaan Steven mengatakan ruang tidur tidak perlu memiliki banyak titik lampu. Pada ruang tidur ukuran 3x4 cukup menggunakan lampu utama untuk penerangan aktivitas dan beberapa lampu hias atau ARTIFICIAL LIGHT. Titik lampu artificial light juga tidak perlu banyak, cukup lampu sorot atau SPOTLIGHT untuk menerangi bagian HEADBOARD dan satu lampu sebagai lampu tidur. “Jenis lampu tidur bisa yang untuk plafon bisa juga yang ditempel di dinding,” ungkap Steven.

FOTO TAN RAHARDIAN LOKASI SHOW UNIT APARTEMEN PARAGON SQUARE, TANGERANG

Seimbangkan warna cat ruang tidur dengan warna cahaya lampu untuk ruang tidur yang nyaman.

Meletakkan lampu tersembunyi atau hidden juga bisa menciptakan suasana yang hangat dan romantis pada ruang tidur. FOTO

FOTO ADRIAN MULYA LOKASI KEDIAMAN SRI NURAHMI, BANDUNG

Tambahan lampu baca pada headboard tempat tidur juga perlu bagi Anda yang senang membaca sebelum tidur.

JOU ENDHY PESUARISSA LOKASI RUMAH CONTOH CITRA GARDEN BMW, CILEGON

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.