JARANG MEMASAK, UKURAN KECIL SAJA

Rumah - - LAPORAN UTAMA -

Ukuran dapur menjadi salah satu hal yang wajib Anda perhatikan saat ingin merancang dapur. Kebiasaan Anda di dapur dapat menentukan ukuran dapur yang harus Anda sediakan. Menurut Wandy Rustandi, desainer interior sekaligus pendiri Interlook, ukuran minimal dapur adalah 2m x 1,5m. Ukuran tersebut sudah meliputi 3 fungsi utama dapur, yakni menyiapkan makanan, memasak, dan mencuci. Namun, bila Anda hobi memasak Anda bisa membuat dapur dengan ukuran yang lebih besar. Selain ukuran dapur, Anda juga wajib memerhatikan prinsip dapur ergonomis. Pasalnya, dapur ergonomis dapat membuat aktivitas Anda di dapur jadi lebih nyaman.

Dalam merancang dapur ergonomis, yang harus dipertimbangkan adalah gerakan tubuh yang lazim saat bekerja di dapur. Gerakan-gerakan tersebut akan menentukan layout, ukuran meja kerja (working surface), serta detail lainnya. Enira Arvanda, dosen Desain Interior Universitas Indonesia, mengatakan untuk ukuran lemari, working table, dan kitchen set harus disesuaikan dengan ukuran tinggi badan, bahkan ukuran siku, dari orang yang sering beraktivitas di dapur tersebut.

YANNIS RUDOLF PRATASIK KEDIAMAN KELUARGA GHILKY, BANDUNG, JAWA BARAT INTERLOOK HOME & INTERIOR CUSTOM

foto lokasi desainer interior Bila kantong Anda belum cukup untuk membangun dapur, Anda bisa mencicil biaya tersebut dengan membeli dapur modular. Dapur modular ini tersedia di beberapa retail furnitur dan interior. Anda dapat membeli 2 modul dahulu, misalnya, baru di kemudian hari menambahnya sampai ukuran dapur sesuai dengan yang Anda inginkan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.