MEMILIH AC YANG TEPAT SESUAI RUANG DI RUMAH

Setiap ruang memiliki kebutuhan AC tersendiri. Idealnya, AC yang dipilih harus disesuaikan dengan banyaknya aktivitas yang ada, luas ruangan, juga diaplikasikan untuk apa. Agar penggunaannya lebih efektif, perhatikan beberapa hal berikut ini.

Rumah - - PERANTI - TEKS WINDA DEWANTARY arwinda@gramedia-majalah.com RUANG TAMU RUANG KELUARGA

Penggunaan AC di rumah kini sudah menjadi hal yang utama bagi masyarakat modern. Apalagi, belakangan ini suhu udara semakin panas sehingga membuat fungi AC sebagai penyejuk ruangan sangat dibutuhkan. Minimalnya, dalam satu rumah modern terdapat satu AC yang mereka tempatkan di kamar tidurnya. Bahkan, bagi orang yang sudah ketergantungan dengan AC, piranti ini bisa memenuhi semua ruang di rumahnya. Dari mulai ruang tamu, ruang keluarga, ruang tidur, ruang makan, hingga dapur.

Tak masalah, jika Anda memiliki dana untuk mengaplikasikan AC di semua ruang. Jika tidak, dipastikan akan membuat Anda bermasalah, seperti memiliki hutang lewat penggunaan kartu kredit atau lainnya. Ya, masalah penggunaan AC dalam jumlah banyak dan peletakannya hampir di semua ruang, tak hanya berhenti pada saat membelinya.

Faktanya, semakin banyak AC yang Anda beli dan gunakan di rumah akan membuat biaya pengeluaran bulanan Anda ikut membengkak. Ini dikarenakan konsumsi listrik di rumah akan semakin besar. Siapkah Anda mengeluarkan dana yang besar sekadar buat AC?

Fakta menarik lainnya adalah banyak orang yang membeli AC tanpa memerhatikan jenisnya. Padahal, setiap ruang memiliki kebutuhan berbeda sehingga pilihan Ac-nya pun tak sama. Konsumen biasanya hanya melihat harga, lalu merek. Nah, mulai saat ini, Anda harus mengubah kebiasaan ini. Karena beda ruang, beda jenis Ac-nya. Ini untuk membuat AC lebih efektif dan menghemat tagihan biaya listrik di rumah Anda.

Untuk lebih jelasnya, RUMAH akan memandu, bagaimana memilih AC sesuai dengan ruang.

Menurut Eko Aribowo, After Sales Service General Manager PT Gree Electric Appliances Indonesia, untuk ruang tamu sebaiknya menggunakan AC jenis cassette, mengingat posisi ruangnya di area depan dan dilihat banyak orang.

AC jenis ini berbentuk persegi dan memiliki jangkauan yang luas. Peletakannya di plafon, bukan di dinding, dan memiliki 4 arah angin, sehingga udaranya akan lebih merata. Untuk ruang tamu, Pk-nya pun tak perlu besar-besar, cukup yang 1/2—1 PK. Untuk suhu, cukup di angka 240C.

Ruang keluarga merupakan tempat berkumpul seluruh anggota keluarga dan banyak aktivitas yang bisa dilakukan di tempat ini. Mulai dari menonton televisi, mengobrol, bahkan tidur. Sama dengan ruang tamu, ruang ini lebih cocok menggunakan AC jenis cassette.

Letakkan AC di tengah ruang tepatnya di atas meja ruang keluarga. Jika ruang keluarga Anda menyatu dengan ruang makan, Anda dapat meletakkan AC ini di antara kedua ruang. Penggunaan PK untuk ruangan keluarga ini disarankan 1-2 PK. Menurut Meiriano Ullman, Senior Manager Product Planning Department AQUA Japan, Untuk suhunya, bisa berada di angka 220C—230C (siang) dan 240C—260C (malam).

KAMAR TIDUR UTAMA

Kamar tidur adalah ruang yang memiliki fungsi untuk beristirahat, relaksasi, dan melepas penat, setelah seharian beraktivitas. Jadi, faktor kenyamanan saat tidur merupakan yang utama dan perlu diperhatikan. Kesalahan penggunaan dan peletakan AC di ruang tidur dapat membuat tidur Anda terganggu dan tak nyenyak.

Untuk kamar tidur, AC yang cocok adalah model split. Desainnya yang ramping tidak akan “membebani” desain kamar tidur Anda. Teknologi inverter mampu menghemat energi lebih banyak dibanding AC biasa. Ini dikarenakan pemakaian AC pada ruang tidur bisa non-stop, minimal 8 jam. Selain itu, pilihlah AC yang memiliki fitur tidak mengeluarkan suara bising sehingga tidak mengganggu kenyamanan saat tidur.

DOK. GREE INDONESIA

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.