Perubahan Data Pada Sertifikat Tanah

Rumah - - PROPERTI -

QPak Yulius di tempat, Saya menempati rumah ini selama 8 tahun. Namun karena adanya pemekaran wilayah, nama kecamatan pada sertifikat tanah mempunyai perbedaan dengan nama kecamatan yang sekarang. Bagaimana status hukum tanah saya tersebut? Apakah masih valid?

Mohon nasehat hukum dari Bapak, terima kasih. Salam, Deby Simamora Tangerang

ATerima kasih atas pertanyaan yang Ibu ajukan. Secara umum, meskipun terdapat perbedaan alamat pada sertifikat tanah dan PBB, status hukum tanah Ibu masih valid. Namun sebaiknya data tanah Ibu diperbaiki karena berdasarkan ketentuan dalam Pasal 36 Peraturan Pemerintah No. 24 Tahun 1997 tentang Pendaftaran Tanah (PP No. 24/1997), yang dikutip sebagai berikut:

“( 1) PEMELIHARAAN DATA PENDAFTARAN tanah dilakukan apabila terjadi perubahan

atau data yuridis obyek PENDAFTARAN TANAH YANG TELAH TERDAFTAR.

(2) PEMEGANG HAK YANG BERSANGKUTAN WAJIB MENDAFTARKAN PERUBAHAN SEBAGAIMANA dimaksud pada ayat (1) kepada Kepala Kantor Pertanahan.”

Pengertian dari data fisik dalam PP No. 24/1997 adalah keterangan mengenai letak, batas, dan luas bidang tanah dan satuan rumah susun yang terdaftar, termasuk di dalamnya keterangan mengenai adanya bangunan atau bagian bangunan di atasnya. Sedangkan pengertian data yuridis berdasarkan PP No. 24/1997 adalah keterangan mengenai status hukum bidang tanah dan satuan rumah susun yang terdaftar, pemegang haknya, dan hak pihak lain, serta beban-beban lain yang membebaninya.

Berdasarkan penjelasan tersebut, saran saya adalah Ibu sebaiknya melakukan perubahan data di Kantor Pertanahan guna menghindari kesalahpahaman dan sengketa yang mungkin timbul di masa datang.

Demikian saya sampaikan, semoga penjelasan tersebut dapat berguna bagi Ibu. Salam, Yulius

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.